Sukses

8 Oktober 2003: Aktor Film Terminator Arnold Schwarzenegger jadi Gubernur California

Liputan6.com, Sacramento - Sejarah mencatatkan nama bintang film The Terminator, Arnold Schwarzenegger menjadi Gubernur California pada 8 Oktober 2003.

Aktor hollywood Arnold Schwarzenegger menggulingkan petahana, Gray Davis, tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah negara bagian AS pada abad 21, seorang gubernur dipecat di pertengahan masa jabatan.

Hasil perhitungan suara menunjukkan, Schwarzenegger, aktor papan atas yang juga membintangi film Total Recall ini, memenangkan hampir 48% suara.

Dikutip dari situs BBC, dalam pidato kemenangannya, Schwarzenegger berterima kasih kepada warga California karena telah memberinya kepercayaan.

"Saya ingin menjadi gubernur rakyat," katanya. "Saya tahu bahwa bersama-sama kita dapat menjadikan ini negara bagian terbesar di negara terbesar di dunia."

Dia berjanji untuk memulihkan kepercayaan rakyat pada pemerintah California dan mendisiplinkan anggaran negara bagian yang tidak terkendali.

Frustrasi

Gray Davis menerima kekalahannya. Ia mengatakan kepada pendukungnya bahwa rakyat telah memutuskan. "Sudah waktunya bagi orang lain untuk melayani dan saya telah menerima penilaian mereka," ujarnya.

Pemungutan suara ulang ini dipicu oleh aktivis Partai Republik karena frustrasi pada tingkat pengangguran yang tinggi, kesulitan sekolah, dan defisit anggaran negara yang saat itu mencapai puluhan miliar dolar.

Di dalam surat suara, terdapat dua bagian. Pertama, pemilih ditanya apakah mereka menginginkan penarikan Gray Davis atau tidak. 

Penarikan yang dimaksud adalah pemungutan suara kembali --Gray Davis baru saja memenangkan pemilihan Gubernur California untuk kedua kalinya pada 2002.

Satu-satunya gubernur lain dalam sejarah AS yang dilakukan pemungutan suara kembali adalah Lynn Frazier dari Dakota Utara pada 1921.

Kemudian --terlepas dari jawaban pertanyaan pertama, mereka harus memilih siapa pengganti Grey Davis di antara 135 kandidat alternatif yang maju.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pertarungan Sengit

Hasil pemilihan ulang menunjukkan, 55,4% menginginkan penarikan Grey Davis.

Sementara hasil pemilihan alternatif gubernur, Schwarzenegger memimpin dengan dukungan 47,9%, sekitar 16% di depan saingan terdekatnya, Letnan Gubernur Cruz Bustamante yang mendapat 32,4% suara.

Bintang film kelahiran Austria sekaligus mantan binaragawan ini menggembleng kampanye ketika dia mengumumkan akan tampil di acara talk show televisi setempat yang dibawakan oleh Jay Leno pada awal 2003.

Kerumunan besar berkumpul untuk melihatnya di pidato kampanye dan rapat umum.

Namun, pertarungan politik terkadang brutal, oposisi menuduh Schwarzenegger melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita, ia juga dituduh pernah memuji Hitler.

Dia telah membantah tuduhan itu, meskipun dia meminta maaf atas "perilaku gaduh" di lokasi syuting.

3 dari 4 halaman

Kebijakan Awal

Bintang Terminator, Schwarzenegger dilantik sebagai Gubernur California pada 17 November 2003.

Tindakan pertamanya sebagai gubernu adalah menghapuskan kenaikan pajak mobil yang tidak populer, yang sebelumnya dibuat oleh Gubernur Davis. Dia juga secara resmi mengesampingkan kenaikan pajak.

Akan tetapi, beberapa kebijakan selanjutnya menimbulkan kontroversi.

Pada Februari 2004, ia memerintahkan pejabat tinggi hukum untuk bertindak melawan kota San Francisco karena mengizinkan pernikahan gay yang bertentangan dengan hukum negara bagian, dengan mengatakan bahwa itu mewakili "risiko yang akan segera mengganggu ketertiban sipil".

Di beberapa minggu pertama, ia juga berselisih dengan para senator sampai pada akhirnya mendapatkan kesepakatan tentang anggaran California sebesar $103 miliar (sekitar Rp1500 triliun) pada Juli 2004.

Kebijakannya terkait anggaran juga mendapatkan banyak komentar.

Beberapa ahli ekonomi di sana beranggapan, dengan tidak menaikkan pajak atau memotong pengeluaran terlalu dalam, justru membuat California berhutang banyak untuk menjaga keuangannya agar tetap stabil. Mereka khawatir, kebijakan tersebut hanya menunda bahkan dapat memperburuk masalah ekonomi negara.

 

4 dari 4 halaman

Arnold Schwarzenegger Jadi Terminator Lagi di Terminator Dark Fate

Setelah beberapa saat vakum dari dunia perfilman, Schwarzenegger kembali berlaga di film Terminator terbaru pada 2019.

Terminator: Dark Fate melanjutkan kisah dari film Terminator 2 Judgment Day yang dirilis pada 1991. Selain kembalinya para karakter ikonik, film ini juga mengadirkan karakter baru dengan aksi yang lebih menegangkan.

Terimantor: Dark Fate merupakan film aksi sci-fi yang disutradarai oleh Timothy Miller dan kembali mempertemukan aktris senior Linda Hamilton yang masih memerankan Sarah Connor. Linda Hamilton kembali mengulangi perannya seperti di film-film Terminator sebelumnya. Ia kembali beradu akting dengan Arnold Schwarzenegger, yang menjadi Terminator.

Film ini berfokus pada kisah karakter baru bernama Dani Ramos, yang diperankan oleh Natalia Reyes, yang diburu oleh Terminator baru dari masa depan yaitu Rev-9, yang diperankan oleh Gabriel Luna.

Dalam perjalanannya melawan Rev-9, Dani dibantu seorang tentara super dari masa depan bernama Grace dan sang legenda Sarah Connor. ketiganya harus berjuang melawan Rev-9 yang mengakibatkan sebuah petarungan sengit, hingga mempertemukan mereka kembali dengan T-800 yang mungkin menjadi satu-satunya harapan mereka untuk selamat.

(Reporter: Safinatun Nikmah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.