Sukses

Kucing Setinggi 47 Cm Ini Jadi yang Tertinggi Sedunia, Raih Guinness World Records

Liputan6.com, Lansing - Guinness World Records (GWR) menobatkan kucing peliharaan setinggi 47,83 cm di Michigan sebagai kucing domestik tertinggi yang masih hidup.

Dilansir dari situs UPI, kucing itu diketahui berjenis Savannah. Binatang berbulu itu bernama Fenrir, milik William John Powers dari Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Jumat (30/9/2022).

Fenrir dianugerahi gelar tersebut setelah GWR memverifikasi ukuran tingginya yang mengesankan itu.

Kucing savannah adalah ras hibrida yang dihasilkan dari perkawinan kucing domestik dengan serval Afrika.

Powers mengatakan saudara laki-laki Fenrir, Arcturus, sebelumnya dianugerahi gelar yang sama pada 2016 dengan ketinggian 48,4 cm, tetapi kucing itu kemudian mati dalam kebakaran rumah. Arcturus masih memegang gelar kucing domestik tertinggi yang pernah ada.

Kucing Powers lainnya, seekor maine coon bernama Altair memegang rekor dunia untuk ekor terpanjang pada kucing domestik yang hidup. Ekor Altair berukuran panjang 40,83 cm. Rekor ekor terpanjang pada kucing domestik pernah dipegang oleh Cygnus, kakak laki-laki Altair, yang mati dalam kebakaran yang sama dengan Arcturus pada 2016. Panjang ekornya 44,66 cm.

"Untuk seseorang yang begitu terobsesi dengan kucing, tidak hanya satu, bukan dua, tetapi memegang empat gelar Guinness World Records untuk hewan dalam satu masa hidup agak seperti mimpi," kata Powers kepada pejabat Guinness. "Rasanya hampir seperti sesuatu yang ditakdirkan untuk terjadi, dan bahkan setelah bencana kita, alam semesta mencoba memperbaikinya setidaknya sedikit lagi."

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Silsilah Fenrir

Dari mana Fenrir mendapatkan perawakannya yang tinggi itu?

Dikutip dari situs Guinness World Record, Fenrir yang namanya berasal dari salah satu bulan Saturnus, adalah kucing savannah F2, yang diakui oleh The International Cat Association (TICA) sebagai ras domestik, Jumat (30/9/2022).

Kakeknya bernama Kongo, adalah seekor kucing jenis serval, kucing liar Afrika berukuran sedang dan bertelinga besar. Ia kucing yang tinggi dan menurunkan tinggi badannya kepada keturunannya.

Seekor kucing Savannah dihasilkan dari persilangan antara kucing domestik dan serval. Persilangan yang tidak biasa ini menjadi populer di kalangan peternak pada akhir 1990-an dan pada 2001 TICA mengakuinya sebagai breed baru yang terdaftar.

Meskipun keturunan kucing liar, Fenrir sangat tinggi untuk jenisnya, berdiri satu inci lebih tinggi dari kucing Savannah pada umumnya yang biasanya berukuran antara 14-17 inci (35-43 cm).

Faktanya, pada usia 2 tahun dan 10 bulan, Fenrir bahkan melampaui tinggi mendiang saudara laki-lakinya, Arcturus saat itu.

3 dari 4 halaman

Bapak Kucing Liar

Guinnees World Records menyebutkan bahwa Powers mengelola tempat penampungan kucing bernama Detroit. Powers ingin menggunakan status unik Fenrir sebagai pemegang rekor untuk membantu menjalankan acara amal sebagai sarana penggalangan dana untuk Detroit.

Powers juga mengatakan dia biasanya akan mendorong orang untuk mengadopsi kucing daripada membelinya.

Dia menyarankan kepada para pemilik kucing eksotik atau kucing dengan ciri-ciri unik untuk memanfaatkan kesempatan mencari gelar Guinness World Records. Harapannya, ketenaran itu dapat digunakan untuk membantu hewan yang membutuhkan.

Membawa kesadaran untuk melindungi kucing bukanlah satu-satunya pekerjaan Fenrir. Powers adalah seorang dokter dan spesialis HIV yang menjalankan praktiknya sendiri di Michigan. Baginya, Fenrir dan kucing lainnya adalah bagian utama dari pengalaman kantornya.

Fenrir sering mengikuti Powers, dia berperan sebagai kucing terapi setiap Selasa untuk menenangkan pasien HIV dan membantu mereka merasa nyaman.

"Dia berkeliaran di sekitar kantor menyambut hewan peliharaan dari orang-orang, tertidur di meja ruang pemeriksaan, dan meminta hadiah," kata Powers pada tim GWR.

4 dari 4 halaman

Kucing Viral

Motimaru, kucing ras Scottish Fold di Jepang yang mendapat Rekor Dunia Guinness karena begitu populer di YouTube. (Tangkapan Layar YouTube motimaru's diary)

Selain kucing terpanjang, tahun lalu seekor kucing di Jepang juga mendapatkan gelar Guiness World Records.

Motimaru namanya, ia memcahkan rekor dunia setelah videonya di YouTube viral hingga mencapai 687 kali ditonton per 12 Agustus 2021.

Dalam deskripsi channel di YouTube, Mochimaru juga akrab disapa Moti-sama. Kucing ini lahir pada 24 Oktober 2019 dan rasnya adalah Scottish Fold.

Channel YouTube kucing ini dimulai pada 30 November 2019 lalu, berisi video-video Motimaru dalam kehidupan sehari-harinya.

Salah satu video terbarunya menampilkan Motimaru sedang berada di dalam lemari penyimpanan makanan. Video berdurasi empat menit ini telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali sejak diunggah pada Rabu, 8 September 2021.

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.