Sukses

Kota Kharkiv Mati Total, Presiden Zelenskyy Tuding Rusia Penyebabnya

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa Rusia yang menyebabkan pemadaman listrik di kota Kharkiv, Ukraina.

Liputan6.com, Kyiv - Rusia bertujuan untuk "menghilangkan cahaya dan panas" dengan menyebabkan pemadaman listrik di Ukraina timur sebagai pembalasan atas serangan balasan Ukraina, kata Presiden Volodymyr Zelensky.

Dilansir BBC, Senin (12/9/2022), pemadaman listrik dilaporkan telah mempengaruhi sekitar sembilan juta orang di wilayah timur termasuk Kharkiv dan Donetsk.

Itu terjadi setelah Ukraina mengatakan telah merebut kembali lebih dari 3.000 km persegi (1.158 mil persegi) selama serangan balasan cepat di timur.

Walikota Kharkiv Ihor Terekhov mengatakan serangan Rusia terhadap infrastruktur sipil membuat sebagian besar kotanya tanpa listrik atau air. Dia menyebutnya sebagai upaya keji dan sinis untuk membalas dendam atas keberhasilan tentara Ukraina baru-baru ini. 

Terekhov dan gubernur wilayah itu menyerukan ketenangan, mengatakan layanan darurat bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan memadamkan api.

Sementara itu, Gubernur daerah tetangga Sumy mengatakan lebih dari 130 pemukiman di satu distrik saja tanpa listrik.

Masalah serupa telah dilaporkan di wilayah Dnipropetrovsk dan Poltava.

Dalam sebuah posting menantang di media sosial setelah pemadaman listrik, Presiden Zelensky menuduh Rusia melakukan "aksi teroris" dengan menargetkan infrastruktur sipil.

"Dingin, kelaparan, kegelapan, dan kehausan tidak seburuk dan mematikan bagi kami seperti 'persahabatan dan persaudaraan' Anda," tulisnya di Telegram. 

Itu terjadi setelah kemajuan Ukraina yang luar biasa, yang jika dikonfirmasi akan berarti pasukan Ukraina telah melipatgandakan keuntungan teritorial mereka dalam waktu kurang dari 48 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perebutan Wilayah

Presiden Zelensky mengatakan 1.000 km persegi dari wilayahnya telah direbut kembali pada Kamis malam. Angka itu naik menjadi 2.000 km persegi pada Sabtu malam, kemudian menjadi 3.000 pada hari Minggu.

Wartawan telah ditolak aksesnya ke garis depan tetapi beberapa video di media sosial menunjukkan pasukan Ukraina hadir di kota-kota dan desa-desa yang sampai saat ini dipegang oleh Rusia.

Pasukan Ukraina memasuki kota utama Balaklyia pada hari Jumat. Rusia kemudian mengkonfirmasi penarikan pasukan, untuk "meningkatkan upaya" di front Donetsk.

Kota-kota pasokan penting yang dikuasai Rusia, Izyum dan Kupiansk, direbut oleh Ukraina pada hari Sabtu. 

Rusia mengkonfirmasi mundurnya pasukannya dari kedua kota, yang dikatakan akan memungkinkan mereka untuk "berkumpul kembali".

3 dari 4 halaman

Banyak Orang Melarikan Diri

Valerii Marchenko, walikota Izyum, mengatakan penduduk harus dapat kembali ke kota dalam waktu sekitar 10 hari untuk pertama kalinya sejak kota itu direbut oleh Rusia pada Maret. 

Dua pertiga dari populasi telah melarikan diri, katanya kepada Newshour di BBC World Service, tetapi sebagian besar ingin kembali meskipun kehancuran yang luas dan kekurangan energi, air atau komunikasi.

Izyum mungkin merupakan pusat logistik terbesar bagi tentara Rusia, katanya, karena merupakan pintu gerbang ke Sloviansk dan Kramatorsk di wilayah Donbas, tempat Rusia ingin maju.

Tetapi Rusia masih menguasai sekitar seperlima dari negara itu, dan hanya sedikit yang membayangkan perang berakhir dengan cepat.

4 dari 4 halaman

Potensi Serangan Balik Rusia

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov memperingatkan potensi serangan balik Rusia.

"Sebuah serangan balasan membebaskan wilayah dan setelah itu Anda harus mengendalikannya dan siap untuk mempertahankannya," kata Reznikov.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.