Sukses

Rekor Kroket Kentang Terbesar Sedunia dari Hokkaido Jepang, Beratnya 279 Kg

Liputan6.com, Hokkaido - Sebuah kota di Jepang baru-baru ini menjadi perhatian karena memecahkan Guiness World Record (Rekor Dunia Guiness), ketika tim koki membuat kroket Kentang terbesar pada acara festival musim panas tahunan.

Uniknya mereka membuat kroket menggunakan kentang lokal di mana Kota Assabu, di wilayah Hokkaido kentang merupakan komoditas andalan yang terkenal.

Kroket kentang raksasa milik mereka memiliki berat 279 kg, memecahkan rekor 225,8 kg sebelumnya yang dibuat di Belanda untuk memenangkan rekor dalam Guiness World Record terbaru.

Untuk dapat membuat kroket terbesar yang pernah dibuat, warga sekitar menggunakan 600 kilogram kentang kentang May Queen, varietas asli daerah tersebut. Ditambah dengan 50 kg daging giling, 200 telur, dan bawang dalam jumlah besar.

Berbeda dengan pembuatan kroket kentang ukuran biasa yang hanya membutuhkan waktu sebentar untuk matang, Butuh waktu sekitar satu jam untuk membentuk adonan menjadi bentuk cakram dengan diameter 2,5 meter agar bisa matang.

Adonan besar tersebut lalu diletakkkan di atas jaring kawat berukuran raksasa kemudian diangkat ke udara sebelum goreng dengan minyak panas sebanyak 1.100 liter.

Para pengunjung dan warga sekitar sangat antusias dengan kroket kentang yang dibuat, terbukti ketika kroket kentang matang, berwarna sempurna yaitu cokelat keemasan, sorak-sorai penonton pun ramai, tepuk tangan juga pecah mengikuti.

Hal itu terjadi karena khusus tahun ini acara memasak kroket raksasa dijadikan sebagai acara utama festival musim panas tahunan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penduduk Sekitar Sangat Menikmati Hidangan

Tujuan dilakukannya masak memasak kroket kentang raksasa pada tahun ini adalah para penduduk ingin mencoba memecahkan rekor dunia untuk mendorong pendaftaran Assabu May Queen sebagai merek dagang.

Hidangan itu dipotong-potong untuk disajikan kepada 1.300 penonton yang datang untuk menyemangati para juru masak karena harus dimakan untuk disertifikasi sebagai kroket terbesar di dunia.

Hasilnya pun luar biasa dimana kroket kentang yang telah matang dan dihidangkan matang sempurna dan rasanya pun juga memuaskan.

“Saya sangat senang bahwa kentang terkenal di kota kami juga berperan dalam mengklaim gelar No. 1 dunia,” kata seorang ibu rumah tangga berusia 67 tahun yang tinggal di kota itu dan mengunjungi tempat tersebut bersama keluarganya.

Para penduduk sekitar sangat senang karena pada akhirnya kentang sebagai komoditas unggulan di kota merek dikenal oleh dunia.

Selain itu, dengan dilakukannya pembuatan kroket raksasa ini dapat mengenalkan festival musim panas yang setiap tahun dilakukan di kota Hokkaido.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cantiknya Cincin dengan 24.697 Berlian yang Pecahkan Rekor Dunia, Dibanderol Rp 1,4 M

Pemecahan rekor sebelumnya pernah dilakukan sebuah perusahaan perhiasan India, yang memecahkan rekor dunia dari Guinness World Record ketika menetapkan jumlah luar biasa berlian dalam sebuah cincin.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 24.679 berlian yang disematkan dalam sebuah cincin.

Pihak Guinness World Record, seperti dikutip dari situs UPI.com, Minggu (17/7/2022), mengumumkan SWA Diamonds mendapatkan rekor dunia atas cincin besar, yang dijuluki "The Touch ofAmi". 

Desain cincin didasarkan pada jamur tiram merah muda.

"Jamur melambangkan keabadian dan umur panjang," kata Abdul Gafur Anadiyan, direktur pelaksana di SWA Diamonds, kepada Guinness World Records.

Berlian alami yang dipasang di cincin disertifikasi sebagai bebas konflik oleh Kimberley Process Certification Scheme.

Cincin berlian itu, yang beratnya sekitar 12 ons, dihargai oleh SWA Diamonds dengan harga USD$95.243 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pria di Australia Pecahkan Rekor Dunia Push-up 3.182 Kali dalam Sejam, Ada yang Mampu Saingi?

Selainb itu ada seorang atlet Australia memecahkan Rekor Dunia Guinness keduanya dengan melakukan 3.182 push-up dalam satu jam.

Daniel Scali, yang sebelumnya memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk waktu terlama dalam posisi tersebut, demikian dikutip dari laman UPI, Sabtu (18/6/2022).

Secara resmi ia memecahkan rekor push-up paling banyak dalam satu jam (pria), Guinness mengumumkan.

Organisasi pemegang rekor mengatakan, Scali melakukan lebih dari 100 push-up lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya Jarrad Young, yang menyelesaikan 3.054 push-up dalam satu jam pada tahun 2021.

Scali mengatakan, dia harus mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sindrom nyeri regional yang kompleks, yang dia alami sejak lengannya patah pada usia 12 tahun.

"Otaknya mengirim pesan yang salah ke lengan saya, yang merupakan area yang terkena. Jadi apapun seperti sentuhan lembut, gerakan, angin atau air akan membuat saya sakit," kata Scali kepada Guinness.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.