Sukses

Seperti Indonesia, 19 Negara Ini Peringati Hari Kemerdekaan Bulan Agustus

Liputan6.com, Jakarta - 17 Agustus ini Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-77. Peringatan HUT RI kali ini digelar seperti sebelumnya di Istana Negara.

Selain Indonesia, ternyata ada sejumlah negara asing yang juga merayakan hari kemerdekaan pada bulan Agustus.

Berikut ini daftar 19 negara dengan hari kemerdekaan bulan Agustus seperti Indonesia, dikutip dari situs um.fi, Rabu (17/8/2022):

  1. 1 Agustus Hari Kemerdekaan Benin
  2. 1 Agustus Yayasan Konfederasi Swiss (1291)
  3. 6 Agustus Hari Kemerdekaan Bolivia (1825)
  4. 6 Agustus Hari Kemerdekaan Jamaika
  5. 7 Agustus Pantai Gading
  6. 9 Agustus Singapura (1965)
  7. 10 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Ekuador (1809)
  8. 15 Agustus Kongo (Republik Kongo) HUT Kemerdekaan (1960)
  9. 15 Agustus Hari Kemerdekaan India (1947)
  10. 17 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945)
  11. 17 Agustus Gabon Proklamasi Kemerdekaan (1960)
  12. 19 Agustus Hari Kemerdekaan Afghanistan (1919)
  13. 20 Agustus Hungaria
  14. 24 Agustus Hari Kemerdekaan Ukraina
  15. 25 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Uruguay (1825)
  16. 27 Agustus Hari Kemerdekaan Moldova
  17. 31 Agustus Malaysia (1957)
  18. 31 Agustus Hari Kemerdekaan Trinidad dan Tobago (1962)
  19. 31 Agustus Hari Kemerdekaan Kirgistan

Sejumlah ucapan selamat HUT ke-77 RI dari negara sahabat pun mengalir. Beberapa di antaranya dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Menlu Amerika Serikat Antony Blinken.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Manila-IDN Philippines Gelar Lomba Pantun Virtual

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 RI (Republik Indonesia), KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual.

Acara yang digagas KBRI Manila dan IDN Philippines, sekaligus upaya untuk melestarikan budaya Indonesia ini berlangsung pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 09.00-11.00 waktu Filipina.

"Sebagai warisan takbenda yang ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada akhir tahun 2020, patutlah kita menjaga dan melestarikan warisan takbenda ini. Inilah jiwa patriotik yang dibutuhkan saat ini", ungkap Lusie Susantono selaku Presiden IDN Philippines.

"Selain sebagai alat komunikasi sosial dan panduan moral bagi warga Indonesia, berpantun dapat menuntun kita untuk berpikir kreatif melalui permainan bahasa”, imbuh Lusie.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia di Manila, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan pentingnya memupuk semangat kemerdekaan. "Tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, memberikan semangat kepada kita agar Indonesia cepat pulih dan siap menghadapi tantangan global serta bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju," tambahnya.

Selengkapnya klik di sini...

3 dari 4 halaman

Peringati HUT ke-77 RI, Sekolah di Kamboja Gelar Lomba Kemerdekaan

Sementara itu, menjelang HUT ke-77 RI, Duta Besar RI Sudirman Haseng mengunjungi Sekolah Persahabatan Indonesia-Kamboja di Provinsi Prey Veng. Lomba-lomba menarik pun digelar untuk para murid.

Kegiatan bertajuk Bakti Kayuh Sosial itu dilaksanakan bersama dengan komunitas WNI dan Kamar Dagang Indonesia di Kamboja (IndoCham).

Berdasarkan laporan KBRI Phnom Penh, Senin (15/8/2022), rangkaian kegiatan Bakti Kayuh Sosial pada 14 Agustus 2022 itu diadakan dengan dukungan masyarakat Indonesia di Kamboja (Permika), komunitas sepeda Indonesia (Phnom Penh Ride), dan IndoCham dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Prey Veng, Y.M. Douch Konthea.

Acara diramaikan oleh kepala sekolah dan guru, serta sekitar 200 murid. Rangkaian acara diawali dengan melakukan kegiatan bersepeda bersama masyarakat Indonesia, penyerahan bendera Indonesia dan Kamboja, penyerahan bantuan dari masyarakat Indonesia kepada sekolah, penanaman pohon, serta penyelenggaraan lomba hiburan.

Selain untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 RI, kegiatan ini juga dilakukan untuk memperkuat silaturahmi antara Sekolah Persahabatan Indonesia-Kamboja dengan masyarakat Indonesia di Kamboja serta untuk menunjukkan bukti kepedulian masyarakat Indonesia.

“Sekolah Persahabatan Indonesia-Kamboja adalah salah satu penanda kehadiran Indonesia di Kamboja dalam kerangka people-to-people contact yang harus terus dipelihara dan ditingkatkan. Untuk itulah kami datang dan melakukan bakti sosial,” ujar Duta Besar RI Sudirman Haseng.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Meriahnya Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Bucharest, KBRI Gelar Pentas Seni Indonesia

Sedangkan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI, KBRI Bucharest bekerja sama dengan komunitas seni Indonesia di Bucharest  berpartisipasi dalam Pentas Seni Budaya pada Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 Edisi ke-23 di Piatra Neamț dan Târgu Neamț (+ 363 km dari Bucharest).

Dikutip dari laman Kemlu, Rabu (10/8/2022), kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 tersebut bekerja sama dengan Dewan Provinsi Neamț dan Pusat Kebudayaan dan Seni "Carmen Saeculare", dan diperkirakan dihadiri lebih dari seribu penonton dari berbagai wilayah di Rumania.

Festival Internasional Ceahlaul edisi ke-23 di Piatra Neamț merupakan sebuah rangkaian festival keliling dengan pertunjukan yang dimulai dari sore sampai tengah malam di pusat kota Piatra-Neamț pada tanggal 5 dan 7 Agustus, serta di Târgu Neamț pada 6 Agustus 2022.

Dalam dua hari pertama, parade berjalan dan tarian tradisional dilaksanakan di sepanjang arteri pusat kota hingga kembali lagi ke alun-alun kota Piatra-Neamț dan Târgu Neamț.

Rute tersebut merupakan jalan utama di kedua kota tersebut sehingga publik yang hadir cukup besar.

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS