Sukses

Meriahnya Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Bucharest, KBRI Gelar Pentas Seni Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-77, KBRI Bucharest bekerja sama dengan komunitas seni Indonesia di Bucharest berpartisipasi dalam Pentas Seni Budaya pada Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 Edisi ke-23 di Piatra Neamț dan Târgu Neamț (+ 363 km dari Bucharest).

Dikutip dari laman Kemlu, Rabu (10/8/2022), kegiatan dalam rangka HUT ke-77 RI yang diselenggarakan pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 tersebut bekerja sama dengan Dewan Provinsi Neamț dan Pusat Kebudayaan dan Seni "Carmen Saeculare", dan diperkirakan dihadiri lebih dari seribu penonton dari berbagai wilayah di Rumania.

Festival Internasional Ceahlaul edisi ke-23 di Piatra Neamț merupakan sebuah rangkaian festival keliling dengan pertunjukan yang dimulai dari sore sampai tengah malam di pusat kota Piatra-Neamț pada tanggal 5 dan 7 Agustus, serta di Târgu Neamț pada 6 Agustus 2022.

Dalam dua hari pertama, parade berjalan dan tarian tradisional dilaksanakan di sepanjang arteri pusat kota hingga kembali lagi ke alun-alun kota Piatra-Neamț dan Târgu Neamț.

Rute tersebut merupakan jalan utama di kedua kota tersebut sehingga publik yang hadir cukup besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Warga Tinggi

Festival tersebut dimeriahkan oleh Folkloric Ensemble "Floricicà de la munte" yang juga diikuti oleh berbagai ansambel grup folklor perwakilan dari negara-negara di luar Eropa.

Diantaranya adalah Meksiko dengan "Alianza" dari Saltillo, Indonesia dengan "Jepun Bali", Ukraina yang membawakan Ansambel "Cervona Kalena" dari Negostina (Suceava), Hongaria dengan Ansambel "Búzavirág" Brașov, Yunani dengan tarian Ansambel "Efthymios" dan grup vokal "Dionysos", yang keduanya berasal dari Brașov, serta, ansambel folklor "Brăul rożu" dari Piatra-Neamț telah ikut serta berpartisipasi dalam penampilan di atas panggung Festival dengan membawakan tarian Saxon.

Antusiasme warga Piatra Neamț dan Târgu Neamț sangat tinggi dalam menyambut festival ini dibuktikan oleh kehadiran ribuan orang yang datang untuk menyaksikan.

Apresiasi yang meriah ditunjukan oleh penonton selepas penampilan gamelan dan tarian yang ditampilkan oleh Jepun Bali yang merupakan wakil dari tim seni Indonesia.

Selain sebagai langkah untuk menjaga keharmonisan dan menunjukkan kedekatan hubungan Indonesia dengan Rumania, kegiatan ini juga merupakan upaya diplomasi budaya untuk mengenalkan keragaman kebudayaan Indonesia secara lebih luas kepada masyarakat Rumania yang mana nantinya dapat meningkatkan minat wisatawan asal Rumania untuk berkunjung ke Indonesia. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pengenalan Budaya Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Jepun Bali menampilkan Gamelan Baleganjur pada saat parade budaya mengelilingi kota yang berlangsung selama 40 menit.

Pementasan Tari Rejang Dewa, Tari Bapang Selisir serta Gamelan Liar Samas di atas panggung yang berada di pusat alun-alun kota Piatra-Neamt dan Târgu Neamț berlangsung masing-masing selama 30 menit. 

Jepun Bali merupakan sanggar seni yang secara khusus menekuni Gamelan dan Tari Bali di Bucharest. Komunitas ini dipimpin oleh Lucian Zbarcea yang merupakan salah satu alumni program beasiswa Darmasiswa dan Pradnyani Dewi.

Soft diplomacy berupa pengenalan budaya Indonesia terbukti merupakan salah satu strategi paling efektif dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Rumania. Kehadiran tim budaya Indonesia dalam Festival Internasional Ceahlaul Piatra Neamț 2022 edisi ke-23 di Piatra Neamț dan Târgu Neamț mendapatkan sambutan yang cukup hangat.

Dari komunikasi informal yang dilakukan selama festival berlangsung, mayoritas penonton baru pertama kali melihat secara langsung pagelaran budaya Indonesia setelah sekian lama mendengar dan mengetahui melalui berbagai media.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Rutin di Rumania

Keikutsertaan tim budaya Indonesia dalam festival serupa di berbagai pelosok wilayah Rumania menjadi kegiatan yang secara rutin dilakukan KBRI Bucharest dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Pada tahun sebelumnya, dalam rangkaian peringatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76, tim budaya Indonesia juga telah berpartisipasi pada Acara Budaya Zilei Dacilor Liberi di Maramures yang berjarak lebih dari 600 km dari kota Bucharest.

KBRI Bucharest senantiasa mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh komunitas seni dan budaya Indonesia di Rumania sebagai langkah untuk terus menggalakkan kegiatan promosi budaya di berbagai wilayah di Rumania.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS