Sukses

WNI di Peru Gelar Perayaan dan Perlombaan Olahraga Jelang HUT ke-77 RI

WNI di Peru siap menyambut HUT RI ke-77.

Liputan6.com, Lima - Meskipun jauh dari Tanah Air, semarak menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tetap terasa hingga kota Lima, Peru. 

Bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia, KBRI Lima telah mengadakan kegiatan perlombaan  olahraga menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Kegiatan dibuka oleh Duta Besar RI untuk Peru merangkap Bolivia,  Marina Estella Anwar Bey yang menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir.

Dikarenakan masih dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, perlombaan olahraga tahun ini masih belum dapat melibatkan seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Peru maupun Bolivia. Namun demikian tetap harus semangat menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Kegiatan diawali dengan senam aerobik yang dipandu oleh instruktur kebugaran.

Lebih dari 60 orang yang terdiri dari seluruh staf KBRI Lima beserta anggota keluarga, masyarakat Indonesia dan Friends of Indonesia di Lima hadir dalam kesempatan ini. Meskipun kota Lima sedang memasuki musim dingin, namun tidak mengurangi semangat peserta mengikuti perlombaan olahraga tenis meja, domino dan panah lempar (darts).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegiatan Tahunan

Perlombaan olahraga ditutup oleh Duta Besar RI yang sebelumnya menyerahkan hadiah dan suvenir kepada para pemenang lomba.

Selain menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasinya, Duta Besar RI juga mengingatkan untuk kembali dapat hadir dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan di KBRI Lima pada tanggal 17 Agustus 2022.

Perlombaan olahraga yang diadakan KBRI Lima merupakan kegiatan setiap tahun yang bertujuan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI dan mempererat hubungan kekeluargaan antara staf dan keluarga besar KBRI Lima, masyarakat Indonesia serta Friends of Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Perayaan Hut ke-77 RI di Beijing

Di tempat lain, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, sedikitnya 100 warga negara Indonesia (WNI) bersepeda santai mengelilingi Kota Beijing, China. Rute yang ditempuh sama dengan usia RI pada 17 Agustus mendatang yakni 77 kilometer.

Tahun ini bisa dilakukan kegiatan luar ruangan untuk memperingati HUT ke-77 RI, karena kasus COVID-19 rendah di Beijing.

"Jarak 77 kilometer yang kami tempuh itu angkanya sesuai dengan usia negara kita yang sudah mencapai 77 tahun," kata Ketua Panitia HUT ke-77 Perayaan Kemerdekaan RI di Beijing, Raden Fitri Saptaji, Minggu (8/8/2022) seperti dikutip dari Antara.

Kegiatan bersepeda tersebut digelar oleh Kedutaan Besar RI di Beijing.

Start dan finish sepeda santai tersebut berada di kompleks KBRI Beijing di Dongzhimen Wai Dajie No 4, Distrik Chaoyang, pada Sabtu 6 Agustus.

Kemudian para peserta yang mengenakan seragam kaus berwarna merah darah bertuliskan "77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" pada bagian punggung itu menuju jalan lingkar luar (ring road) 4 Kota Beijing melintasi beberapa distrik, yakni Chaoyang, Haidian, Shijingshan, Fengtai, dan kembali lagi ke Chaoyang.

4 dari 4 halaman

Perayaan di Beijing

Para pesepeda santai langsung menyantap "mi ongklo", makanan khas Wonosobo, Jawa Tengah, lengkap dengan beraneka ragam jajanan gorengan, seusai "bergowes ria" mengelilingi wilayah ibu kota China itu yang memakan waktu lebih dari empat jam.

"Kebetulan situasi COVID-19 di Beijing agak reda sehingga kami bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan leluasa," kata Fitri yang juga menjabat sebagai Atase Keimigrasian KBRI Beijing tersebut.

Selain sepeda santai keliling ibu kota, KBRI Beijing juga mengadakan pertandingan bulu tangkis dan tenis meja dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu.

Meskipun tanpa ada pengawalan dari petugas keamanan setempat, kegiatan sepeda santai di jalan raya Beijing berlangsung dengan aman dan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.