Sukses

Hari Kucing Sedunia: Pelihara Meong Bisa Kurangi Stres dan Penyakit Jantung

Hari Kucing Sedunia, ini keuntungan pelihara kucing bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah satu peliharaan yang populer di dunia. Meski mereka hobinya tidur dan terkadang nakal, sulit untuk tidak sayang kepada kucing kita.

Selain photogenic, memelihara kucing ternyata bisa membantu mengurangi stres bagi pemiliknya. Risiko stroke atau serangan jantung pun bisa berkurang.

Dilansir Elite Daily, Senin (8/8/2022), sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan Journal of Vascular and Interventional Neurology, pemilik kucing memiliki 30 persen lebih rendah meninggal karena sakit jantung atau stroke ketimbang yang tidak punya kucing.

Bahkan, risiko berkurang meski orang itu merokok, punya diabetes, masalah jantung, atau level kolesterol.

Profesor Adnan Qureshi yang memimpin studi tersebut berkata ke The Telegraph bahwa kepemilikan kucing meredakan stres, dan kecemasan, dan sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Ia pun menyebut "mengelus peliharaan bisa mengurangi level hormon terkait stres di darah."

Interaksi dengan Kucing

Sekadar ngobrol dengan kucing pun bisa mengurangi stres. Sebab, kehadiran kucing yang loyal bisa mengurangi rasa kesepian.

"Dengan berinteraksi saja dengan kucingmu bisa memberikan perasaan koneksi yang kuat," ujar ahli terapi Chelsea Hudson di Cityscape Counseling.

Hudson berkata hal itu bisa mengurangi stres, "sebab koneksi yang intim bisa membuat seseorang merasa tidak sendirian dan bisa lebih baik menangani stres."

Lebih lanjut, mengurus kucing memberikan "sense of purpose" bagi seseorang. Alhasil, itu bisa menjadi distraksi dari masalah yang ada.

"Menemukan tujuan dan distraksi adalah teknik-teknik mengurangi stres yang umum," jelas Hudson.

Bagi pecinta anjing, jangan khawatir. Berinteraksi dengan anjing kesayangan juga bisa memberikan dampak kesehatan yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencarian Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2022 di Google Tampilkan Animasi Lucu

Ada yang berbeda dan bikin gemas di laman pencarian Hari Kucing Sedunia pada 8 Agustus 2022 ini di Google.

Kalau kamu membuka pencarian Google dan mengetikkan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day, hasil pencarian akan memperlihatkan tapak kaki kucing. 

Ketika kamu mengklik tapak kaki kucing yang ada di hasil pencarian Google tersebut, akan muncul animasi gemas, berbagai kaki kucing memegang telapak kaki kucing tersebut.

Pengguna juga bisa mengklik bagian layar lainnya, nantinya, animasi kaki kucing akan menyentuh bagian yang diklik. Tidak lupa, tiap kemunculan kaki kucing akan diingi dengan suara "meong" dan "purring" dari si kucing.

Animasi kucing yang tampil pun beragam. Ada kucing warna hitam, abu-abu, tabby alias si belang, kucing oren, kucing dengan kaos kaki putih, hingga si calico alias belang tiga.

Uniknya, suara "meong" dari tiap-tiap kucing juga berbeda, ada yang bersuara imut hingga cempreng.

Laman pencarian Google untuk Hari Kucing Sedunia dengan animasi kucing ini bukan hanya tampil di penelusuran menggunakan desktop atau komputer, tetapi juga ada di Android atau iOS.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Kucing Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 8 Agustus

Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih menjadi hewan peliharaan. Tingkahnya yang lucu dan sifatnya yang setia kepada majikan membuat kucing disenangi banyak orang. Namun bagi kalian pecinta kucing tahukah bahwa tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia? 

Dilansir dari National Today, kucing telah dijadikan sebagai hewan peliharaan sejak zaman kuno, meskipun mereka berasal dari kucing Liar Afrika dan mereka biasa menangkap hama.

Catatan sejarah manusia pertama tentang kucing dapat ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno. Kita semua tampaknya menghubungkan kucing dengan orang Mesir, karena pemujaan dan pertimbangan mereka terhadap kucing sebagai dewa. 

Mafdet adalah dewa kucing pertama yang dikenal dan dianggap sebagai pelindung terhadap ular, kalajengking, dan kejahatan selama Dinasti Pertama, jadi bagi mereka, kucing bukan hanya dewa, tetapi juga pelindung.

Belakangan, setelah Dinasti Mesir runtuh, kucing menjadi populer di mana-mana. Orang Yunani dan Romawi menggunakannya sebagai pengendalian hama, dan di Timur, kucing pada awalnya dimiliki oleh orang kaya dan kaya. 

Tapi selama Abad Pertengahan, di Eropa, kucing dikaitkan dengan takhayul dan dicurigai membawa penyakit selama Black Death 1348, itulah alasan mengapa terlalu banyak kucing terbunuh di era itu, dan baru pada tahun 1600-an reputasi kucing mulai pulih.

Di Amerika, kucing adalah bagian dari kargo di kapal kolonisasi untuk meminimalkan hama dan penyakit, sehingga kucing-kucing itu pergi ke darat dan berkembang biak. Saat ini, kucing tampaknya menjadi salah satu ikon pop di masyarakat modern, ada sekitar setengah miliar di antara kita. 

Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day sendiri pertama kali dirayakan pada tahun 2002 silam, oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) yang merupakan salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berbasis di Kanada. 

4 dari 4 halaman

YouTube Rayakan Hari Kucing Sedunia

Kalau kamu perhatikan, ada yang menarik di tampilan logo YouTube di kiri atas dari platform tersebut pada hari ini, Senin (8/8/2022).

Jika membuka YouTube baik di aplikasi ponsel atau situs web, mungkin sebagian dari kamu bakal melihat animasi logo YouTube yang berubah menjadi seekor kucing lucu yang berwarna biru-merah muda. 

Selain itu, bakal ada sebuah banner yang bertuliskan: "Kalau kucing kamu tiba-tiba hilang bisa jadi dia lagi viral di YouTube."

Animasi ini ditampilkan oleh platform berbagi video milik Google ini dalam rangka merayakan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day tahun 2022.

"Yuk rayain Hari Kucing Sedunia bersama makhluk imut berbulu yang sering jadi meme, menginspirasi tren muka cemberut, dan lain-lain," tulis YouTube di banner tersebut.

Apabila kamu mengklik tombol "Jelajahi" atau "Explore" di banner tersebut, kamu bakal diarahkan ke beberapa video soal kucing yang ada di YouTube, di mana beberapa di antaranya pernah menjadi viral.

Salah satu yang Tekno Liputan6.com temukan adalah video viral berdurasi 2 menit 58 detik berjudul "Kucing Berantem Rebutan Wilayah, Siapakah yang menang?" dari kanal Bang Os.

Ada juga beberapa rekomendasi video bertemakan kucing lainnya yang ditampilkan, misalnya dari kreator seperti Medy Renaldy dan MiawAug, hingga meme Nyan Cat.

Mengutip First Post, Hari Kucing Internasional pertama kali dirayakan di tahun 2022 oleh International Fund for Animal Welfare, dengan tujuan untuk mengapresiasi kucing. Peringatan ini juga biasanya menyoroti tentang perlindungan terhadap kucing dari kekerasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.