Sukses

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol Tak Temui Nancy Pelosi Karena Staycation

Presiden Korea Selatan tidak bertemu dengan Nancy Pelosi.

Liputan6.com, Seoul - Perjalanan Nancy Pelosi di Asia yang banyak ditonton mencakup serangkaian pertemuan penting yakni percakapan dengan perdana menteri Singapura dan Malaysia; pertemuan dengan presiden Taiwan; dan kemungkinan dialog dengan perdana menteri Jepang pada akhir minggu.

Yang hilang dari daftar itu adalah presiden Korea Selatan yang melewatkan pertemuan langsung dengan Ketua DPR saat dia staycation di Seoul.

Dilansir Independent, Jumat (6/8/2022), Pelosi tiba di Korea Selatan pada Rabu malam. Pada saat Yoon Suk-yeol berada di utara Seoul menghadiri pertunjukan teater, mengambil foto dan makan malam.

Kantor Yoon telah menjelaskan dia tidak ada untuk bertemu langsung dengan pemimpin AS.

"Saya telah menerima pertanyaan tentang apakah presiden menghindari pertemuan dengan ketua DPR karena dia waspada terhadap China," kata juru bicaranya kepada The Washington Post. 

“Semua hal ini diputuskan berdasarkan pertimbangan yang matang dari kepentingan nasional negara kita.”

Sebaliknya, pasangan sekutu itu mengadakan pertemuan telepon selama 40 menit pada hari Kamis.

Pasangan itu membahas aliansi AS dengan Korea Selatan dan "pencegahan" terhadap Korea Utara, menurut pembacaan telepon.

Pelosi, pada bagiannya, tampak senang dengan tur Korea Selatan, yang mencakup percakapan dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan, dan kunjungan ke Zona Demiliterisasi antara Korea Utara dan Selatan.

“Hubungan yang dimulai dari urgensi dan keamanan bertahun-tahun yang lalu telah menjadi persahabatan yang paling hangat,” kata Pelosi pada konferensi pers dengan para pemimpin Korea Selatan.

 “Kami ingin memajukan keamanan, ekonomi, dan pemerintahan dengan cara antar-parlemen,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuai Reaksi

Anggota oposisi Korea Selatan Kim Eui-kyeom memuji Yoon yang melangkah keluar, dengan mengatakan dia telah menghindari "melompat ke dalam api konflik AS-China" yang telah mengganggu perjalanan Pelosi, terutama kaki kontroversial di Taiwan.

“Penghindaran Yoon dari pertemuan Pelosi dapat mengirim sinyal yang salah ke AS dan China,” surat kabar berhaluan kanan Chosun Ilbo berargumen dalam sebuah editorial, memperingatkan “sikap tunduk” terhadap Xi Jinping.

Yoon, yang menjabat pada bulan Mei, berpendapat di jalur kampanye adalah mungkin untuk hidup berdampingan dengan AS dan China; yang pertama adalah mitra pertahanan utama di Korea Selatan dan yang terakhir adalah mitra dagang terbesar Korea Selatan.

 “Ini masih awal dalam masa kepresidenannya dan Yoon harus berjalan di garis yang bagus,” kata Choi Jin, kepala lembaga pemikir Institut Kepemimpinan Kepresidenan yang berbasis di Seoul.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Antara Yoon dan China

Selama ini, Yoon tidak selalu mengikuti keinginan China.

Pada bulan Juni, ia membuat marah China dengan menghadiri pertemuan puncak NATO di Madrid, sementara bulan ini militer Korea Selatan akan melanjutkan latihan militer skala penuh dengan AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.