Sukses

Menhan Korea Selatan: BTS Masih Bisa Konser Meski Wajib Militer

Liputan6.com, Seoul - Semua pria Korea Selatan berusia antara 18-28 tahun diwajibkan untuk bertugas di militer negara setidaknya selama 18 bulan, tapi bintang K-Pop dapat menunda dinas militer mereka.

Pemerintah Korea Selatan pada tahun 2018 meloloskan revisi Undang-Undang Dinas Militer (yang beberapa disebut sebagai BTS Law atau UU BTS) yang memungkinkan penundaan dinas militer hingga usia 30 tahun dalam keadaan tertentu.

Namun demikian, anggota BTS Jin berusia 30 tahun pada bulan Desember dan harus direkrut tahun depan berdasarkan peraturan saat ini, menyebabkan penggemar khawatir tentang masa depan grup yang dinaunginya.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup, baru-baru ini mengatakan selama sesi parlemen untuk mengizinkan BTS untuk terus tampil bahkan saat bertugas wajib militer. Jadi, mereka tetap melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi jumlah personel yang berkurang.

"BTS mungkin masih bisa tampil di luar negeri saat bertugas di militer Korea Selatan," kata Lee Jong-sup seperti dikutip dari Billboard, Selasa (2/7/2022).

"Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri,"  jelasnya, menurut laporan Reuters. "Karena banyak orang sangat menghargai [artis yang mengabdi] di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Atlet dan Musikus Klasik Pengecualian Tak Wajib Militer

Sementara Korea Selatan mengizinkan beberapa atlet elite dan musisi klasik untuk menghindari wajib militer, saat ini tidak ada pengecualian serupa untuk artis K-pop.

Revisi Undang-Undang Dinas Militer 2018 memungkinkan artis K-pop untuk mengajukan penundaan jika mereka telah menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia.

Ketujuh anggota BTS memenuhi syarat setelah dianugerahi penghargaan Hwagwan orders of cultural merit dari pemerintah pada tahun 2018 dalam Korean Popular Culture & Arts Awards.

BTS juga telah tampil di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan, pada bulan Mei, di Gedung Putih di mana mereka berbicara menentang rasisme dan kekerasan anti-Asia.

Isu wajib militer memang kerap diperdebatkan di Korea Selatan. Upaya para entertainer seperti Steve Yoo dan MC Mong untuk menghindari wajib militer telah merusak karier mereka.

Para anggota BTS telah mengatakan bahwa mereka bersedia untuk ikut wajib militer. Selain gangguan itu, prospek yang mengancam bagi grup tersebut adalah keputusan band baru-baru ini untuk istirahat dan mengejar proyek solo.

Beberapa politikus Korea Selatan mulai melihat bintang K-pop lebih dari sekadar selebritas biasa. Pada bulan Mei, pada sidang Majelis Nasional, Lee Ki-sik, komisaris Administrasi Tenaga Kerja Militer, mengatakan, "Mungkin perlu untuk mempertimbangkan kembali sistem sambil mempertimbangkan pertanyaan tentang keadilan dan opini publik."

Parlemen Korea Selatan sekarang juga sedang memperdebatkan RUU yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop menjadi tiga minggu dari sekitar dua tahun.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

5 Alasan Tak Perlu Takut Hadapi Wajib Militer Menurut BTS

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi pria Korea untuk menjalani wajib militer. Kewajiban ini pun berlaku penuh tanpa pandang kasta, profesi maupun latar belakang perekonomian. Apabila sudah berusia 28 tahun, maka harus memenuhinya. 

Namun ada pengecualian untuk yang mereka yang bisa terbebas dari wajib militer di Korea Selatan. Satu di antaranya adalah atlet pemenang medali emas di ajang Olimpiade atau Asian Games. Namun, hingga tahun 2020 belum ada ketentuan pembebasan wajib militer bagi idol K-Pop berprestasi yang membanggakan negara di kancah dunia.

 Sampai pada akhir 2020, Korea Selatan mengumumkan adanya 'BTS Law'. Lewat aturan baru tersebut, idol K-Pop pria yang menerima bintang kehormatan dari pemerintah atas kontribusi mereka di kancah domestik maupun global, bisa mengajukan penundaan wajib militer hingga maksimal berusia 30 tahun.

Mengenai adanya hal tersebut, BTS pun meresponnya dengan santai dalam interview khusus bersama Majalah Rolling Stone baru-baru ini.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Member BTS Diprediksi Bakal Wamil Berbarengan pada 2022

 Semenjak beberapa waktu belakangan, wacana mengenai wajib militer para anggota BTS kerap kali diperbincangkan. Yang terbaru, J-Hope dkk diperkirakan akan masuk wamil secara berbarengan.

Dilansir dari Soompi, Rabu (21/4/2021), hal ini diungkap dalam laporan investigatif dari Leading Investment & Securites mengenai HYBE.

"Diprediksi bahwa para anggota BTS akan masuk wamil secara bersamaan sebelum pertengahan 2022," begitu isi pernyataan dari analis riset Yoo Sung Man soal bintang K-Pop ini.Dilanjutkan, "Mempertimbangkan efek dari konten yang akan diproduksi sebelum mereka berangkat wamil, periode non-aktif yang sesungguhnya adalah sekitar setahun."

Seperti diketahui, periode wamil prajurit aktif berdurasi satu tahun enam bulan.

Selengkapnya di sini...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS