Sukses

Roket Rusia Hantam Apartemen Ukraina Tewaskan 15 Orang, Petugas Berjibaku Menyelamatkan Warga

Puluhan pekerja darurat Ukraina berjibaku pada Minggu 10 Juli 2022 untuk menarik orang keluar dari puing-puing setelah serangan roket Rusia menghantam gedung apartemen di Ukraina timur, menewaskan sedikitnya 15 orang. Lebih dari 20 orang diyakini masih terjebak.

Liputan6.com, Kiev - Sedikitnya 15 orang tewas ketika satu roket Rusia menghantam sebuah gedung apartemen di Kota Chasiv Yar, Ukraina timur dan lebih dari 20 orang mungkin masih terperangkap di reruntuhan, kata para pejabat pada Minggu 10 Juli 2022.

Menurut laporan CBS News, Senin (11/7/2022), serangan roket Sabtu 9 Juli malam adalah yang terbaru dalam ledakan serangan dengan korban tinggi baru-baru ini terhadap bangunan sipil.

Sebelumnya, sedikitnya 19 orang tewas ketika sebuah rudal Rusia menghantam sebuah pusat perbelanjaan di kota Kremenchuk pada akhir Juni. Lalu 21 orang tewas ketika sebuah gedung apartemen dan tempat rekreasi diserang roket di wilayah Odesa selatan bulan ini.

Rusia telah berulang kali mengklaim bahwa mereka hanya menyerang target bernilai militer dalam perang. Tidak ada komentar tentang Chasiv Yar pada pengarahan Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu.

Wilayah Donetsk adalah salah satu dari dua provinsi bersama dengan Luhansk yang membentuk wilayah Donbas, di mana pemberontak separatis telah memerangi pasukan Ukraina sejak 2014. Pekan lalu, Rusia mengklaim merebut Kota Lysychansk, benteng besar terakhir perlawanan Ukraina di Luhansk.

Pasukan Rusia meningkatkan "neraka sejati" di Donbas, meskipun penilaian mereka mengambil jeda operasional, Gubernur Luhansk Serhiy Haidai mengatakan Sabtu.

Setelah perebutan Lysychansk, beberapa analis memperkirakan pasukan Moskow kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk mempersenjatai diri dan berkumpul kembali.

Tapi "sejauh ini belum ada jeda operasional yang diumumkan oleh musuh. Rusia masih menyerang dan menembaki tanah kami dengan intensitas yang sama seperti sebelumnya," kata Haidai. Dia kemudian mengatakan pemboman Rusia terhadap Luhansk dihentikan karena pasukan Ukraina telah menghancurkan gudang amunisi dan barak yang digunakan oleh Rusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Petugas Berjibaku Menyelamatkan Korban Selamat

Mengutip AP News, puluhan pekerja darurat Ukraina berjibaku pada Minggu 10 Juli 2022 untuk menarik orang keluar dari puing-puing setelah serangan roket Rusia menghantam gedung apartemen di Ukraina timur, menewaskan sedikitnya 15 orang. Lebih dari 20 orang diyakini masih terjebak.

Serangan Sabtu malam menghancurkan tiga bangunan di kawasan perumahan Kota Chasiv Yar, yang sebagian besar dihuni oleh orang-orang yang bekerja di pabrik-pabrik terdekat.

Pada Minggu malam, tim penyelamat berhasil mengeluarkan cukup banyak batu bata dan beton untuk mengevakuasi seorang pria yang telah terperangkap selama hampir 24 jam. Tim penyelamat membaringkannya di atas tandu dan dia segera dibawa ke rumah sakit.

Layanan Darurat Ukraina mengatakan, penyelamatan terbaru membuat jumlah orang yang digali dari puing-puing menjadi enam. Sebelumnya pada hari itu, mereka melakukan kontak dengan tiga orang lainnya yang masih terjebak hidup-hidup di bawah reruntuhan.

Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donetsk yang mencakup Chasiv Yar, mengatakan sekitar 24 orang diyakini masih terjebak, termasuk seorang anak berusia 9 tahun.

Derek dan ekskavator bekerja bersama tim penyelamat untuk membersihkan reruntuhan satu bangunan, dindingnya benar-benar terpotong oleh dampak serangan. Dentuman artileri di garis depan terdekat bergema hanya beberapa mil jauhnya, membuat beberapa pekerja tersentak dan yang lainnya lari mencari perlindungan.

Valerii, yang hanya memberikan nama depannya, sangat menunggu kabar tentang saudara perempuan dan keponakannya yang berusia 9 tahun, yang tinggal di gedung yang runtuh dan tidak menjawab teleponnya sejak Sabtu malam.

"Sekarang saya sedang menunggu keajaiban" katanya, saat dia berdiri di depan reruntuhan dan mulai berdoa, tangan tergenggam erat.

“Kami tidak memiliki harapan yang baik, tetapi saya menghindari pemikiran seperti itu,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

Dihantam Roket Uragan atau Iskander?

Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donetsk yang mencakup Chasiv Yar, mengatakan kota berpenduduk sekitar 12.000 itu terkena roket Uragan yang ditembakkan dari sistem truk.

Chasiv Yar terletak 20 kilometer (12 mil) tenggara Kramatorsk, sebuah kota yang menjadi target utama pasukan Rusia saat mereka bergerak ke arah barat.

Namun, Minggu malam, Viacheslav Boitsov, wakil kepala layanan darurat di Wilayah Donetsk, mengatakan kepada Associated Press bahwa empat proyektil menghantam lingkungan itu dan kemungkinan itu adalah rudal Iskander.

Penduduk mengatakan mereka mendengar sedikitnya tiga ledakan dan banyak orang terluka parah dalam ledakan itu. Sekelompok tetangga duduk pada hari Minggu di halaman dengan tenang mendiskusikan siapa yang terluka dan siapa yang masih hilang.

“Ada ledakan, semua jendela pecah dan saya terlempar ke tanah, kata Oksana, 45 tahun, yang hanya menyebutkan nama depannya. Dia berada di apartemennya di lantai tiga ketika rudal-rudal itu menyerang.

“Dinding dapur dan balkon saya benar-benar hilang,” tambahnya, berusaha menahan air mata. "Saya menelepon anak-anak saya untuk memberi tahu mereka bahwa saya masih hidup."

Irina Shulimova, seorang pensiunan berusia 59 tahun, mengenang teror itu. “Kami tidak mendengar suara yang masuk, kami hanya merasakan dampaknya. Saya berlari untuk bersembunyi di koridor bersama anjing-anjing saya. Semua orang yang saya kenal mulai menelepon saya untuk mencari tahu apa yang terjadi. Saya gemetar seperti daun,” katanya.

Pintu depan dan balkon terkoyak dalam ledakan itu, dan tumpukan logam bengkok dan batu bata tergeletak di tanah. Ceri musim panas yang hancur dioleskan pada kaca jendela yang pecah.

 

4 dari 5 halaman

Bak Keajaiban Bisa Selamat 

Seorang pekerja teknologi berusia 30 tahun bernama Oleksandr mengatakan ibunya termasuk di antara mereka yang terluka dalam ledakan itu.

“Alhamdulillah saya tidak terluka, itu adalah keajaiban,” katanya sambil menyentuh salib di lehernya.

Meskipun rumah yang dia tinggali bersama ibunya sekarang hancur, dia mengatakan dia tidak berencana untuk meninggalkan lingkungan itu.

“Saya hanya punya cukup uang untuk menghidupi diri saya sendiri selama sebulan lagi. Banyak orang sudah muak dengan pengungsi yang datang dari timur — tidak ada yang akan memberi makan atau mendukung kami di sana. Lebih baik tinggal,” kata Oleksandr, yang menolak memberikan nama keluarganya.

Seorang warga lain yang hanya memberikan nama depannya, Dima, telah tinggal selama lebih dari 20 tahun di lantai dasar salah satu bangunan yang dilubangi dalam serangan itu. Dia berjalan bolak-balik melintasi puing-puing.

"Seperti yang Anda lihat, rumah saya hilang," katanya.

5 dari 5 halaman

Presiden Ukraina Tuding Rusia Sengaja Targetkan Sipil

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia sengaja menargetkan warga sipil.

"Siapa pun yang memerintahkan serangan seperti itu, setiap orang yang melakukannya di kota-kota biasa, di daerah pemukiman, membunuh secara sadar," katanya dalam sebuah pidato kepada warga Ukraina pada Minggu malam. "Setelah hits seperti itu, mereka tidak akan bisa mengatakan bahwa mereka tidak tahu atau tidak mengerti sesuatu."

Serangan hari Sabtu hanyalah yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap wilayah sipil di timur, bahkan ketika Rusia berulang kali mengklaim itu hanya mengenai target nilai militer.

Dua puluh satu orang tewas awal bulan ini ketika sebuah gedung apartemen dan area rekreasi diserang roket di wilayah Odesa selatan. Sedikitnya 19 orang lainnya tewas ketika sebuah rudal Rusia menghantam sebuah pusat perbelanjaan di kota Kremenchuk pada akhir Juni.

Tidak ada komentar tentang serangan Chasiv Yar pada briefing Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu.

Wilayah Donetsk adalah salah satu dari dua provinsi bersama dengan Luhansk yang membuat u

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.