Sukses

Menlu Anthony Blinken Bakal Kunjungi Jepang untuk Berbelasungkawa ke Eks PM Shinzo Abe

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken akan mengunjungi Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan melakukan kunjungan belasungkawa singkat ke Jepang menyusul pembunuhan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe, kata Departemen Luar Negeri pada Minggu (10 Juli).

Dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (10/7/2022), Blinken akan melakukan perjalanan ke Tokyo pada hari Senin untuk memberikan penghormatan kepada mantan pemimpin dan bertemu dengan pejabat senior Jepang sebelum kembali ke Washington dari tur Asia yang sekarang dia selesaikan.

"Sekretaris Blinken akan melakukan perjalanan ke Tokyo, Jepang, untuk menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Jepang atas kematian mantan Perdana Menteri Abe Shinzo dan untuk bertemu dengan pejabat senior Jepang," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan. 

“Aliansi AS-Jepang adalah landasan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik dan tidak pernah sekuat ini.”

Blinken berada di Thailand dalam kunjungan yang telah dijadwalkan sebelumnya dan berada di Indonesia pada hari Jumat menghadiri pertemuan menteri luar negeri negara-negara G20 di Bali ketika Abe ditembak dan dibunuh. Dia akan menjadi pejabat AS paling senior yang mengunjungi Jepang setelah kematian Abe.

Pada hari Sabtu di Bali, Blinken mengatakan pembunuhan Abe adalah "tragedi" bagi dunia dan, seperti banyak pejabat AS saat ini dan mantan, memuji mantan perdana menteri atas visinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepemimpinan Abe

"Perdana Menteri Abe adalah seorang pemimpin transformatif, seorang negarawan, seseorang yang benar-benar bertubuh global," kata Blinken kepada wartawan. Dia menambahkan bahwa kematian Abe telah mengguncang pertemuan G20 dengan banyak rekan menteri luar negerinya mengungkapkan keterkejutan dan kesedihan atas berita tersebut.

Tak lama setelah Abe dinyatakan meninggal, Blinken bertemu di Bali dengan Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin untuk meninjau strategi terutama terkait dengan Korea Utara. 

Dalam pertemuan itu dan lagi pada hari Sabtu, Blinken menggarisbawahi pentingnya hubungan AS-Jepang.

 

3 dari 3 halaman

Aliansi AS-Jepang

“Aliansi antara Jepang dan Amerika Serikat telah menjadi landasan kebijakan luar negeri kami selama beberapa dekade dan seperti yang saya katakan kemarin, Perdana Menteri Abe benar-benar membawa kemitraan itu ke tingkat yang baru,” katanya.

"Persahabatan antara orang Jepang dan Amerika juga tak tergoyahkan," kata Blinken.

“Jadi kami berdiri bersama rakyat Jepang, dengan keluarga perdana menteri, setelah tindakan kekerasan yang benar-benar mengerikan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.