Sukses

Menteri ESDM RI Kunjungi Norwegia dan Islandia Bawa Misi Energi Terbarukan

Liputan6.com, Oslo - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah melakukan kunjungan kerja ke Norwegia dan Islandia pada tanggal 13 – 16 Juni 2022.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas kerja sama energi dan menarik investasi untuk pembangunan infrastruktur energi Indonesia, khususnya energi terbarukan.

“Melalui kunjungan ini, kita pererat kerja sama dan undang perusahaan dari Norwegia dan Islandia untuk investasi pada pembangunan sektor energi Indonesia untuk pemenuhan dan transisi energi nasional” jelas Menteri ESDM RI.

Indonesia saat ini sedang dalam perjalanan transisi ke energi bersih melalui gas dan energi terbaharukan dengan target 23 % energi terbaharukan pada bauran energi tahun 2025 dan mencapai net zero emission pada tahun 2060.

Duta Besar RI di Oslo, Todung Mulya Lubis menambahkan bahwa kunjungan Menteri ESDM RI kekedua negara tersebut telah lama ditunggu, namun tertunda karena pandemi COVID-19, demikian disebuykan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Oslo, Jumat (17/6/2022).

"Kerja sama Energi merupakan salah satu pilar penting hubungan Indonesia dengan Norwegia dan Islandia, banyak pihak di kedua negara ini yang sangat ingin memulai dan mengintensifkan kerja sama dengan Indonesia di bidang energi terbaharukan,” jelas Dubes RI.

Norwegia dan Islandia adalah negara yang memiliki keunggulan dalam pengembangan energi terbaharukan. Saat ini, 99 % produksi energi di Norwegia dihasilkan dari energi air, sementara energi di Islandia dihasilkan dari 73 % energiair dan 27 % dari panas bumi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pertemuan dengan Sejumlah Pihak

Dalam kunjungan ke Norwegia (13-15 Juni 2022), Menteri ESDM RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Petroleum and Energy Norwegia, Terje Asland dan membuka bersama pertemuan Indonesia-Norway Bilateral Energy Consultations (INBEC) ke 9.

INBEC adalah Forum Konsultasi Bilateral Indonesia dan Norwegia setiap dua tahun sekali untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi baik migas maupun energi terbarukan.

Menteri ESDM RI juga bertemu dengan Minister of Climate and Environment, Espen Barth Eide untuk membahas kerja sama transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission.

Untuk menarik investasi ke Indonesia, Menteri ESDM RI telah melakukan serangkaian pertemuan bisnis dengan perusahaan di bidang energi terbarukan (Tinfos, Scatec AS, Ocean Sun dan Fred Olsen), dengan perusahaan bidang migas (Equinor dan Neptune); serta Perusahaan Baterai (Fryer).

 

3 dari 3 halaman

Kunjungan ke PLTA Notoden

Menteri Tasrif juga berkesempatan untuk melakukan site visit ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Notoden serta bertemu dengan Diaspora Indonesia yang bergerak di bidang energi di Indonesia Norway Society (INS) dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) di Oslo.

Sementara dalam kunjungan ke Islandia (15-16 Juni2022), Menteri ESDM RI bertemu dengan Menteri Keuangan dan Ekonomi, Bjarni Benediktsson untuk membahas investasi energi ke Indonesia serta melakukan pertemuan bisnis dengan perusahaan energi panas bumi Islandia yang ingin memperluas investasi di Indonesia yaitu Mannvit, Verkist, Isor, dan North Tech Energy.

Menteri ESDM RI juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan lapangan ke Pembangkit Listrik Panas Bumi di Hellisheidi.

Dalam kunjungan ke Norwegia dan Islandia, Menteri ESDM RI didampingi oleh Duta Besar RI di Oslo dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas, Direktur Konservasi Energi, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy, perwakilan dari SKK Migas, Kementerian Luar Negeri dan pejabat terkait KBRI Oslo.