Sukses

Prosesi Pemakaman Jenazah Eril Senin 13 Juni 2022 Pagi, Warga Diizinkan Ziarah Setelahnya

Proses pemakaman jenazah Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) rencananya akan dilakukan pada Senin 13 Juni 2022 pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil beserta dengan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan berangkat pada Sabtu 11 Juni 2022 sore waktu Jakarta. Sementara itu, rombongan diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu 12 Juni sore. 

Rombongan akan langsung bertolak ke kediaman resmi Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung. 

"Jadi diperkirakan rombongan tiba di Bandung pada malam hari, pada saat tiba akan ada acara keluarga inti sekitar pukul 10.00 atau 11.00 malam," ujar pihak keluarga dari Ridwan Kamil dalam keterangan pers virtual Sabtu (11/6/2022).

Setelah itu, bagi warga publik yang ingin mendoakan diberi kesempatan dan akan diatur oleh tim Pemprov Jabar. 

Selanjutnya, keesokan harinya pada Senin 13 Juni, jenazah Eril akan diberangkatkan ke lokasi pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. 

"Untuk upacara pemakaman, mengingat keterbatasan kondisi dan situasi di lapangan, kami memfokuskan acara pemakaman dari pihak keluarga. Jadi kami mohon maaf jika yang sudah mendoakan di Pakuan, tidak perlu ikut ke pemakaman. Namun demikian, selesai acara pemakaman warga boleh mendoakan atau berziarah di lokasi pemakaman jika seluruh prosesi rangkaian setelah selesai," tambahnya lagi. 

Masyarakat pun diizinkan untuk datang dan mendoakan jenazah Eril di Gedung Pakuan, akan dibuka mulai Minggu 12 Juni pukul 23.00 hingga Senin 13 Juni pukul 08.00 pagi. Hal ini disampaikan oleh Wahyu Mijaya, selaku Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat. 

"Kemudian pukul 09.00 akan diberangkatkan (ke pemakaman), bagi keluarga ataupun yang akan turut serta, tidak berangkat dari Pakuan tetap langsung ke Cimaung. Jadi rangkaian tidak terlalu panjang," ujarnya lagi.

Ia menambahkan bahwa rute dari Gedung Pakuan, Tol Pasteur, keluar Tol Seroja dan langsung mengarah ke Cimaung.

Sejak jasad Eril ditemukan pada 8 Juni lalu, langkah-langkah repatriasi yang dilakukan oleh KBRI Bern adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah, kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern kemudian melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diberangkatkan dari Bern Sabtu 11 Juni 2022 Sore

Rencananya, jenazah Eril akan diterbangkan dalam satu pesawat dengan sang ayah, Gubernur Ridwan Kamil beserta keluarganya. 

"Saat ini informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Bandara Zurich dan direncanakan akan take-off pada pukul 10.10 menit waktu setempat atau pukul 15.10 menit WIB," tambah Joedha. 

Ridwan Kamil dan jenazah Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) direncanakan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu 12 Juni pukul 14.45 WIB. 

Selanjutnya, jenazah langsung akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat.

3 dari 3 halaman

Proses Pencarian dan Pemulangan oleh Kemlu

Jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan setelah upaya pencarian dilakukan selama 14 hari. Selanjutnya, pihak Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Bern melakukan koordinasi terkait pemulangan ke Tanah Air. 

Proses pencarian hingga pemulangan ke Tanah Air terus dipantau oleh Kementerian Luar Negeri RI. 

"Ibu Menlu terus melakukan komunikasi dengan Dubes RI di Bern dan tim serta mengkoordinasikan tim yang ada di Jakarta," ujar Joedha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dalam press briefing, Sabtu (11/6/2022). 

"Dari waktu ke waktu Ibu Menlu juga terus melakukan komunikasi dengan Bapak Gubernur Ridwan Kamil," tambahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.