Sukses

Lakukan Uji COVID-19 Massal, Shanghai Bakal Kembali Lockdown

Shanghai akan kembali melakukan lockdown karena akan melakukan uji COVID-19 massal.

Liputan6.com, Shanghai - Pusat komersial China di Shanghai akan kembali melakukan lockdown terhadap jutaan orang untuk pengujian massal COVID-19 akhir pekan ini - hanya 10 hari setelah mencabut penguncian dua bulan yang melelahkan.

Hal ini pun meresahkan penduduk dan meningkatkan kekhawatiran tentang dampak bisnis.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (11/6/2022), berlomba untuk menghentikan wabah yang lebih luas setelah menemukan beberapa kasus komunitas, termasuk cluster yang ditelusuri ke salon kecantikan populer, pihak berwenang telah memerintahkan pengujian PCR untuk semua penduduk di 14 dari 16 distrik Shanghai selama akhir pekan.

Lima distrik mengatakan warga tidak akan diizinkan meninggalkan rumah mereka saat pengujian dilakukan.

Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh distrik Changning menggambarkan persyaratan tinggal di rumah sebagai "manajemen tertutup" dari komunitas yang dijadikan sampel.

Ketakutan terbaru memicu serbuan ke toko kelontong dan platform online untuk membeli makanan, karena pengguna Weibo seperti Twitter di China menyatakan ketakutan mereka dapat dikunci lebih lama, karena baru mulai kembali bekerja setelah penguncian terakhir dicabut pada 1 Juni lalu. 

Beberapa daerah tetap tertutup atau dengan cepat kembali dikunci karena infeksi dan kontak dekat mereka.

"Kompleks perumahan di sebelah tambang telah dikunci," kata Zhang Jian, seorang agen real estat berusia 34 tahun.

"Jika ada tes massal dan ada kasus positif lain di kompleks itu, itu akan berdampak serius pada kehidupan kita."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan COVID

Sementara tingkat infeksi China rendah menurut standar global, Presiden Xi Jinping telah menggandakan kebijakan nol-COVID yang menurut pihak berwenang diperlukan untuk melindungi orang tua dan sistem medis, bahkan ketika negara-negara lain mencoba untuk hidup dengan virus.

China Daratan melaporkan 151 kasus virus corona baru untuk 9 Juni, di mana 45 di antaranya bergejala dan 106 tidak menunjukkan gejala, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada Jumat (10 Juni).

Putaran pengujian massal terbaru datang di atas persyaratan pengujian yang sudah berat yang diperkenalkan Shanghai untuk 25 juta penduduknya

3 dari 3 halaman

Kondisi COVID-19 di Shanghai

Lockdown di Shanghai sebelumnya memicu frustrasi yang meluas, kemarahan, dan bahkan protes yang jarang terjadi di antara penduduknya, banyak dari mereka bergulat dengan kehilangan pendapatan, hilangnya kebebasan, kematian teman dan kerabat, dan bahkan kelaparan.

Itu juga memukul ekonomi China, mengganggu rantai pasokan dan memperlambat perdagangan internasional. Dan kemunduran terbaru telah memukul sentimen di pasar keuangan.

Perjalanan ke China tetap sangat dibatasi, dengan sebagian besar penerbangan internasional dibatalkan selama dua tahun terakhir dan karantina panjang bagi mereka yang berhasil tiba.

Kamar Dagang Eropa mengatakan kantor Shanghai milik anggotanya hanya beroperasi pada kapasitas 30 hingga 50 persen sementara pabrik berjalan di atas 80 persen.

"Kami berada di bawah kekuasaan pengujian massal. Pabrik-pabrik harus ditutup bahkan jika hanya satu kasus positif yang terdeteksi," kata Bettina Schoen-Behanzin, wakil presiden Kamar Eropa, menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan Eropa menjadi lebih berhati-hati dan memikirkan kembali masa depan investasi di Cina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.