Sukses

Ekspresi Amber Heard Saat Terbukti Mencemarkan Nama Baik Johnny Depp

Para juri di pengadilan Fairfax, Virginia, menyatakan Amber Heard memiliki niat buruk saat mencemarkan nama baik Johnny Depp.

Liputan6.com, Fairfax - Aktris Amber Heard (36) dinyatakan terbukti mencemarkan nama baik aktor Johnny Depp (58) dalam pengadilan di Fairfax, Virginia. Keputusan pengadilan membenarkan argumen kuasa hukum Johnny Depp bahwa Amber Heard telah berbohong terkait insiden kekerasan. 

Kasus ini dipicu oleh tulisan Amber Heard di The Washington Post pada tahun 2016. Amber mengaku bahwa dirinya adalah korban kekerasan terhadap Johnny Depp. 

Hasil putusan dibaca pada Rabu (1/6) waktu setempat.

Para juri memutuskan bahwa Johnny Depp berhasil membuktikan bahwa Amber Heard melakukan pencemaran nama baik dan pernyataan Amber Heard adalah palsu. 

Lebih lanjut, para juri menyatakan bahwa otak dari pencemaran nama baik itu adalah Amber Heard sendiri, dan bertujuan mencemarkan nama baik Johnny Depp. 

"Apakah anda menemukan bahwa Mr. Depp telah membuktikan dengan bukti jelas dan meyakinkan bahwa Ms. Heard bertindak dengan niat jahat? Jawaban: Ya," demikian bunyi putusan para juri.

Dana Kompensasi

Atas kasus pencemaran nama baik ini, Johnny Depp juga dinyatakan berhak mendapat kompensasi dari Amber Heard sebesar US$ 10 juta. Angka itu lebih kecil dari tuntutan awal Depp, yakni US$ 50 juta.

Namun, aktor itu juga berhak diberikan uang hukuman (punitive damage) sebesar US$ 5 juta. Akan tetapi, negara bagian Virginia membatasi uang punitive damage hingga US$ 350 ribu saja, sehingga Depp berhak mendapat US$ 10,3 juta.

Selama putusan dibaca, Amber Heard tampak menunduk dan matanya melihat ke arah bawah. Sementara, Johnny Depp tidak hadir pada pembacaan putusan dan menonton dari Inggris. 

Depp diwakili oleh kuasa hukumnya, salah satunya Camille Vanquez yang sempat viral karena melakukan pemeriksaan silang ke Amber Heard. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih ke Fans di Seluruh Dunia

Usai dinyatakan menang di pengadilan, Johnny Depp lantas berterima kasih pada fans di seluruh dunia atas dukungannya.

 

"Sejak awal sekali, tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkap kebenaran, tak peduli bagaimana dampaknya. Berbicara kebenaran adalah utang saya kepada anak-anak saya dan kepada mereka semua yang masih tegas mendukung saya. Saya merasa damai saat mengetahui bahwa saya akhirnya meraih hal tersebut," ujar Johnny Depp dalam pernyataan di Instagram, Kamis (2/6/2022).

"Saya selalu dibanjiri oleh cinta yang deras dan dukungan besar dan kebaikan dari seluruh dunia. Saya harap perjuanganku untuk mendapatkan kebenaran akan menolong orang-orang lain, laki-laki atau perempuan, yang mendapati dirinya di situasi saya, dan mereka yang mendukung mereka agar tidak pernah menyerah," lanjut Depp.

Ia juga mengingatkan terhadap prinsip asas praduga tak bersalah kepada pengadilan dan media massa.

Pada penutup suratnya, Johnny Depp juga menulis frasa veritas numquat perit yang berarti kebenaran tidak akan pernah lenyap. 

Selama pengadilan berlangsung, pengacara Johnny Depp berhasil menampilkan berbagai foto, argumen, dan kronologi yang membantah tuduhan Amber Heard terkait penganiyaan. 

Salah satu yang dibantah adalah ketika Amber Heard mengaku dipukuli secara parah, namun tim kuasa hukum Johnny Depp berhasil menemukan foto ketika luka di pipi kanan Amber Heard hilang, satu hari setelah ia melaporkan Depp.

3 dari 3 halaman

Amber Heard Mengaku Kecewa

Aktris Amber Heard mengaku kecewa. Ia menyatakan kasus ini adalah sebuah kemunduran. 

"Kekecewaan hari ini tak bisa diungkap kata-kata. Saya patah hati bahwa segunung bukti masih tidak cukup untuk berdiri kepada kekuatan besar, pengaruh, dan pesona mantan suami saya," tulis Amber Heard via Instagram.

Amber berkata kasus ini bisa berdampak negatif kepada perempuan-perempuan lain yang angkat suara.

"Saya lebih kecewa terhadap apa makna keputusan ini bagi para perempuan lain. Ini adalah sebuah kemunduran. Ini memundurkan waktu ketika seorang perempuan yang angkat bicara dan angkat suara bisa secara terbuka dipermalukan dan dipermalukan. Itu memundurkan ide bahwa kekerasan terhadap wanita supaya diambil secara serius," kata Amber.

Lebih lanjut, Amber berkata para kuasa hukum Johnny Depp berhasil mengalihkan perhatian para juri terhadap isu "Kebebasan Berbicara" dan mengabaikan bukti konklusif dari pengadilan mereka sebelumnya yang dimenangkan Heard di Inggris.

Amber pun menyayangkan bahwa ia kehilangan haknya untuk berbicara sebagai orang Amerika.

Selama berargumen di pengadilan, Amber Heard dituduh mengarang cerita penganiayaan kepada Johnny Depp. Namun, pengacara Johnny Depp berhasil mengungkap kronologi dan foto-foto yang menyanggah tuduhan Amber Heard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.