Sukses

Jadi Penggemar Gila Anime, Pria di Filipina Namai Anaknya Naruto Uzumaki Namikaze

Jamesey Bolivar Maribojo, seorang penggemar anime berusia 29 tahun dari Kota Davao di Filipina, adalah penggemar berat Naruto.

Liputan6.com, Manila - Seorang ayah tunggal di Filipina baru-baru ini menjadi berita utama internasional setelah terungkap bahwa ia menamai putra satu-satunya dengan nama protagonis anime populer Naruto.

Jamesey Bolivar Maribojo, seorang penggemar anime berusia 29 tahun dari Kota Davao di Filipina, adalah penggemar berat Naruto.

Ninja remaja yang petualangannya telah memukau beberapa generasi penggemar anime, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Kamis (26/5/2022).

Dia sangat mencintai Naruto sehingga ketika pacarnya hamil, dia bekerja keras untuk meyakinkannya untuk menamai putra mereka dengan karakter populer tersebut.

Dia setuju, tetapi Jamesey tidak berhenti di situ. Begitu dia berhasil melewatinya, dia mendorong keras agar nama keluarga orang tua Naruto tertulis di akta kelahiran bocah itu.

Nama lengkap anaknya adalah Naruto Uzumaki Namikaze Maribojo.

“Saya selalu menjadi penggemar berat anime, sejak awal,” kata ayah berusia 29 tahun itu menjelaskan keputusannya. “Jika Anda tahu Naruto: Shippuden, ceritanya berkisah tentang seorang anak laki-laki yang tumbuh tanpa keluarga. Sebagai orang tua tunggal, saya menjaga putra saya 24/7. Tapi sebelum ibunya dan aku berpisah, kami sepakat untuk menamainya Naruto.”

“Tapi saya tidak puas hanya dengan menamainya 'Naruto.' Saya memasukkan nama keluarga ibunya, Kushina Uzumaki, dan nama keluarga ayahnya, Minato Namikaze. Anak saya akhirnya diberi nama Naruto Uzumaki Namikaze P. Maribojo,” tambah Jamesey.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Pro dan Kontra

Rupanya, keluarga Jamesey tidak setuju dengan pilihan nama bayinya. Mereka terus mengatakan bahwa akan sulit bagi anak laki-laki itu untuk menulis dan mengucapkan, dan bahwa dia akan diganggu oleh anak-anak lain, tetapi ayahnya itu tidak bisa berbicara apa-apa.

“Awalnya, tidak ada yang percaya itu nama lengkapnya karena saya terus memanggilnya Naruto. Banyak yang bertanya apakah itu nama aslinya,” kata penggemar anime tersebut.

Ayah muda itu berkata bahwa jika dia memiliki putra lagi, dia kemungkinan besar akan menamainya dengan nama saingan anime Naruto, Sasuke Uchiha.

Seaneh menamai anak Anda dengan karakter anime mungkin tampak, itu pasti lebih baik daripada menamainya Kantor Komunikasi Informasi Statistik.

3 dari 4 halaman

Ini Nama Bayi Perempuan Paling Banyak Dipakai di Dunia

Sofia adalah nama bayi  perempuan paling populer di dunia, demikian hasil dari penelitian yang dilakukan oleh babynamewizard.com tahun 2017.

Pendiri situs, Laura Wattenberg, mengumpulkan statistik nama bayi dari 49 negara yang berbeda sebelum menjadikan Sofia pemenang utama, demikian dikutip dari laman The Independent.

Nama salah dewi dari mitologi Yunani ini adalah pilihan utama bagi orangtua untuk bayi mereka di Meksiko, Rusia, Argentina, Italia, Swiss, Estonia, Chili dan Slovakia.

"Itu mengejutkan saya bahwa begitu banyak bahasa dan budaya yang berbeda akan tetapi mereka menggunakan nama Sofia bagi anak perempuan mereka," ujar Wattenberg.

Olivia saat ini adalah nama gadis yang paling populer di Inggris, jauh lebih populer dari Sofia. Meski begitu, tak menggeser Sofia dari yang terbanyak di dunia.

Nama itu sendiri berarti kebijaksanaan dalam bahasa Yunani dan mudah diucapkan dalam sejumlah bahasa internasional, yang mungkin menjelaskan daya tarik global. Sehingga orangtua memilih itu sebagai nama.

Nama ini juga penting bagi filsafat Helenistik dan merujuk pada dewi kebijaksanaan.

Dalam beberapa ajaran Kristen ortodoks, Hagia Sophia juga dipahami sebagai orang kedua dalam Tritunggal Mahakudus dan disebutkan dalam Perjanjian Lama.

Terlepas dari konotasi keagamaan, beberapa berspekulasi bahwa nama itu melonjak dalam popularitas berkat selebriti seperti bintang Modern Family Sofia Vergara dan Sophia Loren.

4 dari 4 halaman

Daftar Nama Bayi Laki-Laki Paling Banyak Dipakai

Selalu ada kisah menarik di balik nama. Berikut 10 nama terpopuler bagi anak laki-laki dan perempuan di AS seperti dilansir BabyCenter.

Anak Laki-laki:

1. Liam (Ksatria)

2. Jackson (Putra Jack)

3. Noah (Istirahat dan Kenyamanan)

4. Aiden (Membara)

5. Grayson (Anak dari Pengurus)

6. Caden (Sahabat)

7. Lucas (Pemberi Cahaya atau Penerang)

8. Elijah (Yahweh adalah Tuhan)

9. Oliver (Pohon Zaitun)

10. Muhammad (Yang Terpuji)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.