Sukses

Manchester United Bakal Kontrak Erik Ten Hag Jadi Pelatih Baru

Erik Ten Hag akan menjadi pelatih baru bagi Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan dengan Erik ten Hag untuk menjadi manajer permanen berikutnya.

Dilansir dari laman The Athletic, Rabu (13/4/2022), kesepakatan itu diyakini sebagai kesepakatan lisan. Dia diharapkan bergabung dengan kontrak yang berlangsung hingga empat tahun. 

Ajax menyadari situasinya dan masih perlu mencapai kesepakatan dengan United. United juga perlu menyelesaikan detail dan dokumentasi, sementara tidak akan ada kesepakatan atau pengumuman tertulis sampai setelah Ajax menghadapi PSV Eindhoven di final Piala Belanda pada 17 April.

The Athletic memahami staf pelatihnya juga akan diselesaikan pada waktunya.

Tim Manchester United ingin menghormati Ajax dan Erik Ten Hag karena mereka memiliki jadwal piala final untuk dimainkan dan masih berusaha untuk menjadi juara Eredivisie.

Terkait hal ini, perwakilan Manchester United dan Ten Hag SEG menolak berkomentar.

Ten Hag akan menggantikan Ralf Rangnick, yang telah melakukan pekerjaan itu untuk sementara sejak mantan manajer Ole Gunnar Solskjaer dipecat oleh klub Liga Premier itu pada November.

Pelatih kepala Paris Saint-Germain Mauricio Pochettino juga masuk dalam daftar pendek klub, tetapi mereka memilih untuk tidak menunjuk mantan bos Tottenham Hotspur.

Ten Hag telah menjadi pelatih kepala Ajax sejak Desember 2017. Dia bergabung dengan klub Belanda dari tim kedua Bayern Munich, di mana dia bekerja bersama Pep Guardiola, manajer Manchester City.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelumnya Pelatih Ajax

Pelatih berusia 52 tahun itu membawa Ajax ke semifinal Liga Champions 2019, di mana mereka secara dramatis kalah dari Tottenham asuhan Pochettino.

Ajax memenangkan gelar Eredivisie pada 2019 dan 2021 dan saat ini berada di puncak klasemen dengan selisih empat poin.

Ten Hag memang memiliki prestasi gemilang bersama Ajax. Tak heran jika klub-klub papan atas Eropa tertarik menyewa jasanya. Ia sukses menyulap Ajax menjadi salah satu klub paling dominan di Belanda.

Selama waktunya di Johan Cruyff Arena, Ten Hag juga berhasil meraih dua gelar Eredivisie, sekaligus memenangkan KNVB Cup dalam dua kesempatan.

Sayangnya, manajer berkepala plontos itu mulai frustrasi dengan situasi Ajax. Pihak klub terus-menerus menjual penggawa bertalenta, yang membuatnya harus berurusan dengan pemain-pemain baru demi membangun ulang tim.

 

3 dari 4 halaman

Saingan Ten Hag

MU bukanlah satu-satunya pihak yang tertarik menyewa jasa Erik ten Hag. Klub Bundesliga RB Leipzig juga dilaporkan telah mengajukan tawaran untuk memboyong pelatih Ajax Amsterdam itu ke Red Bull Arena.

Dilansir dari Metro, Ten Hag sejatinya diagendakan duduk di kursi panas MU pada akhir musim untuk menggantikan manajer interim Ralf Rangnick yang bakal segera alih jabatan. Setan Merah bahkan telah mengadakan negosiasi ekstensif dengan sang pelatih.

Meski demikian, Ten Hag nampaknya tak mau serta-merta menandatangani kesepakatan dengan MU. Eks manajer Utrecht itu menginginkan jaminan atas anggaran dan manajemen skuad dari hierarki klub, sebelum menyetujui kepindahan ke Old Trafford.

Di sisi lain, laporan De Telegraaf dan AD menyebut perwakilan Ten Hag sudah berdiskusi dengan RB Leipzig. Sang raksasa Jerman kabarnya rela memberi tawaran menggiurkan bagi pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Die Roten Bullen juga bersedia membayar biaya kompensasi senilai lebih dari 2 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp31,2 miliar kepada Ajax, demi membajak juru taktiknya pada penghujung musim.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Ten Hag

Ten Hag sudah lama dikenal sebagai salah satu kandidat manajer incaran MU. Pelatih asal Belanda itu kabarnya telah menjalani wawancara dengan dewan klub dan kini berada di posisi terdepan untuk mengambil alih jabatan permanen di Old Trafford.

Ten Hag sebenarnya pernah mengungkapkan keinginan untuk berfokus pada Ajax akhir tahun lalu. Ia jadi tertarik pindah ke Old Trafford usai menjalin pembicaraan positif dengan petinggi klub beberapa waktu lalu.

Nantinya di Manchester United, Erik ten Hag nampaknya ingin bekerja sama dengan eks pemain Manchester United (MU) Robin van Persie. Ia bahkan dilaporkan telah menggelar pembicaraan dengan sang legenda terkait potensi kepulangannya ke Old Trafford.

Ten Hag memang merupakan salah satu kandidat yang dijagokan untuk mengambil posisi manajer permanen baru di MU. Bos Ajax Amsterdam ini juga sudah menjalani tahap wawancara dengan dewan klub beberapa waktu lalu.

Selain ten Hag, terdapat sejumlah nama lain yang sempat dikaitkan dengan kursi panas di Old Trafford. Mereka adalah Mauricio Pochettino, Luis Enrique, dan Julen Lopetegui.

MU sejatinya belum memberi pengumuman terkait kandidat yang dipilih. Meski demikian, ten Hag tak ingin buang-buang waktu. Ia segera ambil ancang-ancang untuk mempersiapkan dirinya jika resmi pindah ke Old Trafford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.