Sukses

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Taiwan, 1 Orang Dilaporkan Terluka

Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 melanda Taiwan Rabu 23 Maret 2022 pagi waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 melanda Taiwan Rabu 23 Maret 2022 pagi waktu setempat. Gempa bumi mengguncang bagian tenggara pulau itu, kata otoritas cuaca setempat, dengan satu orang dilaporkan terluka.

Menurut Central Weather Bureau (Biro Cuaca Pusat), gempa terjadi sekitar pukul 01.41 pagi waktu setempat dan tercatat di bawah 6 dari pada skala intensitas seismik 7 di Taitung County di tenggara Taiwan.

Mengutip Kyodo News, Rabu (23/3/2022), gempa pada kedalaman sekitar 30 kilometer terasa di sebagian besar pulau, dengan media lokal melaporkan satu orang terluka karena kaca jendela yang pecah.

Di Taitung, gempa juga menyebabkan pipa air pecah serta menutup sebagian jalan setelah sebuah batu besar jatuh.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa bagian dari rantai Pulau Nansei termasuk Pulau Miyako mungkin mengalami sedikit perubahan permukaan laut selama beberapa jam tetapi tidak ada bahaya tsunami.

Pusat gempa berada di lepas Taiwan dan sekitar 280 kilometer barat daya Pulau Ishigaki, kata badan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rentetan Gempa

Mengutip Taiwan News, gempa berkekuatan magnitudo 6,6 melanda Taiwan tenggara pada Rabu pagi (23 Maret) pukul 1:41 pagi, diikuti dua menit kemudian oleh gempa berkekuatan 6,1, menurut Biro Cuaca Pusat (Central Weather Bureau/CWB).

Pusat gempa pertama adalah 62,6 kilometer selatan Hualien County Hall, dengan kedalaman fokus 30,6 km. Taiwan menggunakan skala intensitas satu sampai tujuh, yang mengukur sejauh mana gempa dirasakan di lokasi tertentu.

Intensitas gempa tercatat sebagai 6- di Kabupaten Taitung dan 5+ di Kabupaten Hualien. Tingkat intensitas 4 tercatat di Nantou County, Chiayi County, Kota Kaohsiung, Yunlin County, Kota Taichung, Yilan County, Kota Tainan, Kota Chiayi, Changhua County, Miaoli County, dan Hsinchu County.

Tingkat intensitas 3 dilaporkan di Pingtung County, Kota Taoyuan, Kota New Taipei, dan Kota Taipei. Tingkat intensitas 2 dirasakan di Kota Hsinchu, Penghu County, dan Kota Keelung, sedangkan Lienchiang County mengalami intensitas tingkat 1.

Pada pukul 01.43, gempa bumi berkekuatan 6,1 melanda 61,2 km selatan-barat daya Hualien County Hall pada kedalaman fokus 19,3 km. Intensitas gempa berkekuatan 4 di Hualien County, Taitung County, Nantou County, dan Yunlin County.

Tingkat intensitas 3 tercatat di Chiayi County, Kota Taichung, Yilan County, Kota Chiayi, Changhua County, Kota Kaohsiung, Miaoli County, dan Kota Tainan. Tingkat intensitas 2 dirasakan di Hsinchu County, Kota Taoyuan, Pingtung County, Kota Hsinchu, Kota New Taipei, dan Kota Taipei.

Intensitas 1 yang lebih rendah terdaftar di Kota Keelung, Penghu County, dan Lienchiang County. Tidak ada cedera atau kerusakan akibat gempa yang dilaporkan pada saat publikasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.