Sukses

Malaysia dan Vietnam Tolak Ikut Campur ke Invasi Rusia

Malaysia dan Vietnam Pilih Netral pada Invasi Rusia

Liputan6.com, Hanoi - Pemerintah Malaysia dan Vietnam mengaku tidak mendukung agresi Rusia, tetapi memilih netral. Selain itu, kedua negara juga tidak mendukung sanksi ke Rusia.

Meski demikian, Malaysia ikut voting mengecam invasi Rusia di PBB pada awal Maret 2022. Vietnam saat itu memilih abstain.

Menurut laporan media pemerintah Rusia, TASS, Selasa (23/3/2022), Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob, membahas isu ini ketika berkunjung ke Hanoi, Vietnam. 

"Kami membahas konflik Rusia-Ukraina dan setuju bahwa Malaysia dan Vietnam akan tetap netral pada isu ini," ujar PM Ismail Sabri Yakoob di Hanoi, seperti dikutip Bernama.

Lebih lanjut, ia menyebut hanya mengakui jika sanksi diberikan Dewan Keamanan PBB, ketimbang secara unilateral.

"Untuk sanksi-sanksi terhadap Rusia, kami tidak mendukungnya," ujar PM Malaysia.

Rusia merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, sehingga bisa melakukan veto terhadap resolusi-resolusi PBB.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Diplomasi

PM Malaysia menegaskan Malaysia dan Vietnam tidak mendukung agresi terhadap negara berdaulat, tetapi negaranya memilih posisi tidak ikut campur.

"Kami berharap adanya resolusi diplomatis pada krisis di Ukraina," kata PM Malaysia. 

Pada konferensi pers virtual pada Selasa (22/3), Duta Besar Ukraina di Indonesia Vasyl Hamianin mengaku sudah tidak percaya pada Rusia. Gaya diplomasi Rusia disebut menyebarkan propaganda demi menghalalkan invasi. 

Ia pun berharap agar banyak negara di dunia yang ikut proses mediasi, sehingga tidak satu negara saja yang terlibat.

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.