Sukses

NASA Segera Luncurkan Misi Perjalanan Roket Raksasa ke Bulan

NASA akan meluncurkan roket raksasa ke Bulan.

Liputan6.com, Washington - Roket besar baru NASA memulai perjalanan pertamanya ke landasan peluncuran pada Kamis 17 Maret menjelang serangkaian tes untuk diluncurkan ke Bulan pada musim panas ini. Pesawat itu meninggalkan Gedung Perakitan Kendaraan Kennedy Space Center sekitar pukul 17.47 Waktu Bagian Timur (04.47 WIB) dan memulai perjalanan 11 jam dengan crawler-transporter ke Launch Complex 39B, sejauh 6,5 km.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (18/3/2022), sekitar 10.000 orang telah berkumpul untuk menyaksikan acara tersebut.

Dengan kapsul kru Orion terpasang di atasnya, Space Launch System (SLS) Block 1 berdiri setinggi 98m - lebih tinggi dari Patung Liberty, tetapi sedikit lebih kecil dari roket Saturn V 110,6m yang mendukung misi Apollo ke Bulan.

Meskipun demikian, ia akan menghasilkan daya dorong maksimum 8,8 juta pon (39,1 Meganewtons), 15 persen lebih tinggi dari Saturn V, yang berarti roket ini diharapkan menjadi roket paling kuat di dunia pada saat mulai beroperasi.

"Tuan-tuan dan nyonya-nyonya, roket paling kuat di dunia yang pernah ada di sini!" administrator NASA Bill Nelson mengatakan kepada para hadirin. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misi Bulan Tanpa Awak

NASA menargetkan Mei sebagai jendela paling awal untuk Artemis-1, misi bulan tanpa awak yang akan menjadi penerbangan terintegrasi pertama untuk SLS dan Orion.

SLS pertama-tama akan menempatkan Orion ke orbit Bumi yang rendah, dan kemudian, menggunakan tahap atasnya, melakukan apa yang disebut injeksi trans-lunar.

Manuver ini diperlukan untuk mengirim Orion 280.000 mil di luar Bumi dan 40.000 mil di luar Bulan - lebih jauh dari pesawat ruang angkasa yang mampu membawa manusia telah berkelana.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.