Sukses

PM Justin Trudeau Janji Akan Bekukan Akun Rekening Bank Para Demonstran

PM Justin Trudeau mengambil langkah darurat terhadap demonstran anti vaksin.

Liputan6.com, Ottawa - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menerapkan Undang-Undang Darurat untuk menindak protes mandat anti-vaksin.

Dilansir BBC, Selasa (15/2/2022), Trudeau mengatakan ruang lingkup tindakan akan "terbatas waktu", "masuk akal dan proporsional" dan akan melihat militer dikerahkan.

Tanpa perintah pengadilan, bank akan dapat membekukan rekening pribadi siapa pun yang terkait dengan protes.

Terkait hal ini, Trudeau menghadapi kritik luas atas penanganannya terhadap protes.

Apa yang dimulai sebagai protes terhadap aturan baru bahwa semua pengemudi truk harus divaksinasi untuk melintasi perbatasan AS-Kanada, atau karantina setelah kembali, telah berkembang menjadi tantangan yang lebih luas untuk semua pembatasan kesehatan terkait COVID-19.

"Ini tentang menjaga keamanan warga Kanada, melindungi pekerjaan orang," katanya dalam konferensi pers.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Undang-Undang Keadaan Darurat

Trudeau mengatakan polisi akan diberikan "lebih banyak alat" untuk memenjarakan atau mendenda pengunjuk rasa dan melindungi infrastruktur penting.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa undang-undang itu akan diterapkan sementara dan dengan cara yang sangat spesifik.

Para kritikus menuduh Trudeau munafik karena dia menyuarakan dukungannya untuk petani di India yang memblokir jalan raya utama ke New Delhi selama satu tahun pada tahun 2021, dengan mengatakan pada saat itu: "Kanada akan selalu ada untuk membela hak protes damai."

Pemberlakuan Undang-Undang Keadaan Darurat oleh Trudeau datang ketika demonstrasi di seluruh Kanada memasuki minggu ketiga mereka.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.