Sukses

Protes Aturan Vaksinasi COVID-19, Demonstran di Ottawa Tolak Membubarkan Diri

Demonstran di Ottawa mengabaikan mandat dari pemerintah untuk membubarkan diri.

Liputan6.com, Ottawa - Para pengunjuk rasa yang menentang aturan wajib vaksin COVID-19 telah menentang seruan pemerintah agar mereka mengakhiri pendudukan 10 hari di Ottawa, ibu kota Kanada. Wali Kota Ottawa Jim Watson telah mengumumkan keadaan darurat dan berjanji untuk "mengembalikan kota" seperti semula.

Polisi Ottawa menggambarkan protes itu sebagai "pengepungan", di mana ratusan truk dan mobil memblokade daerah pusat kota. 

Jim Watson memperingatkan bahwa para pejabat "kalah dalam pertempuran ini", dan gugatan class action diajukan terhadap pengunjuk rasa atas bunyi klakson yang tak henti-hentinya dan mengakibatkan gangguan terhadap kehidupan sehari-hari, seperti dilansir The Guardian, Selasa (8/2/2022).

Tetapi pada Senin pagi, batas waktu pada pukul 10.00 yang diuraikan dalam gugatan class action – yang meminta pengunjuk rasa untuk pergi atas kemauan mereka sendiri atau menghadapi ganti rugi hampir C$10 juta (US$7,9 juta) – tidak menunjukkan protes akan segera berakhir.

Bahkan setelah seorang hakim Ontario menyetujui permintaan untuk mengeluarkan perintah guna mengakhiri membunyikan klakson, protes berlanjut pada Senin sore.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tolak Vaksinasi

Lusinan truk besar, RV, dan mobil pick up tetap diparkir di depan Parliament Hill dan jalan-jalan terdekat, dan pengunjuk rasa tidak menunjukkan tanda-tanda akan pergi. 

Meja makanan dan minuman gratis, stasiun distribusi kayu bakar, dan infrastruktur lainnya membantu mereka untuk tetap tinggal di sana. Meskipun cuaca dingin, sebagian besar pengunjuk rasa tampak bersemangat.

Ron, seorang pekerja penyelamat jalan raya dari sebuah komunitas kecil di pedesaan British Columbia, sedang berlindung di halte bus yang tidak digunakan lagi. 

“Saya datang ke sini untuk cucu saya,” katanya, dengan alasan bahwa orang Kanada telah dirampok dalam membuat pilihan medis. 

“Saya tidak ingin mereka hidup di bawah jempol pemerintah.”

3 dari 4 halaman

Tingkat Vaksinasi di Kanada

Kanada memiliki salah satu tingkat vaksinasi tertinggi di dunia terhadap Covid-19 (sekitar 85% pengemudi truk di negara itu divaksinasi) dan langkah-langkah kesehatan masyarakat telah didukung secara luas.

Tetapi Ron menangis ketika menggambarkan seorang tetangga tua yang meninggal dua hari setelah divaksinasi. Seorang dokter mengatakan dia meninggal karena serangan kanker yang cepat, tetapi Ron mengatakan bahwa dia tidak percaya padanya.

Kampanye “Konvoi kebebasan” dimulai pada minggu terakhir Januari sebagai demonstrasi menentang mandat vaksin untuk pengemudi truk tetapi telah berubah menjadi protes terhadap tindakan kesehatan masyarakat yang lebih luas – dan sebagai titik temu bagi para ahli teori konspirasi dan penentang pemerintah Justin Trudeau.

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.