Sukses

NASA Pensiunkan Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada Akhir 2030

Setelah dipensiunkan, ISS akan dikembalikan NASA ke Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA berencana memberhentikan operasional Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada akhir 2030. Setelah dipensiunkan, ISS akan dikembalikan ke Bumi.

Dalam Laporan Transisi ISS, NASA mengatakan setelah perpanjangan operasional ISS pada akhir 2030, ISS akan menyelam ke kedalaman Samudra Pasifik Selatan, di tempat yang dikenal sebagai Point Nemo.

Operator ISS akan melakukan pembakaran dalam proses masuk ISS ke atmosfer Bumi (re-entry), memberikan dorongan terakhir untuk menurunkan ISS sejauh mungkin dan memastikan proses masuk yang aman ke atmosfer.

Menurut NASA, akan ada platform luar angkasa yang dioperasikan secara komersial menggantikan ISS sebagai tempat untuk melakukan kolaborasi dan penelitian ilmiah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Dekada ISS

"Stasiun Luar Angkasa Internasional memasuki dekade ketiga dan paling produktif sebagai platform ilmiah inovatif di bidang mikrogravitasi," kata Direktur ISS Robyn Gatens di Markas Besar NASA, seperti dilansir Xinhua, Kamis (3/2/2022).

"Sektor swasta secara teknis dan finansial mampu mengembangkan dan mengoperasikan destinasi komersial orbit Bumi rendah, dengan bantuan NASA. Kami berharap dapat berbagi pelajaran dan pengalaman operasional dengan sektor swasta guna membantu mereka mengembangkan destinasi yang aman, andal, dan hemat biaya di luar angkasa," ungkap Direktur Ruang Angkasa Komersial NASA Phil McAlister.

3 dari 3 halaman

Infografis Misi Selamatkan Bumi dari Hantaman Asteroid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.