Sukses

Hubungan RI-Singapura Mesra Selama Pandemi COVID-19 di 2021

Kedubes Singapura menampilkan momen-momen hubungan bilateral dengan RI selama pandemi COVID-19 di 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Singapura mengenang kerja sama dengan Indonesia selama 2021. Pihak kedubes berkata hubungan kedua negara tetap terjaga meski ada gelombang COVID-19 berserta varian-variannya.

Selama pandemi, kolaborasi di bidang politik, keamanan, finansial, dan kemanusiaan tetap terjaga. Para pejabat tinggi kedua negara pun masih menjaga silaturahmi secara langsung.

"Bahkan tekanan paling berat dapat dilalui dengan kreativitas, karakter, dan persahabatan. Itulah mengapa Singapura dan Indonesia memiliki kerja sama menguntungkan yang berkelanjutan, pandemi maupun tidak," tulis Kedubes Singapura melalui Facebook, Sabtu (1/1/2021).

Beberapa hal yang disorot adalah bantuan untuk melawan COVID-19 dan evakuasi KRI Nanggala 402 pada April 2021 ketika Singapura langsung mengirim MV Swift Rescue untuk membantu RI.

Ada juga pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong di sela G20 Italia 2021. Kerja sama level menteri turut terlaksana, seperti dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama pejabat senior terkait di Singapura.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solidaritas

Dubes Singapura untuk Indonesia, Anil Nayar, turut menyampaikan selama tahun baru 2022 kepada Indonesia. Imelihat bahwa COVID-19 memang terus menguji kedua negara, tetapi solidaritas berhasil mengatasi tantangan tersebut.

"Namun, masyarakat Singapura dan Indonesia telah bangkit mengatasi tantangan bersama dengan semangat gotong royong," ujar Dubes Nayar. 

Ia pun menyampaikan pantun singkat tentang solidaritas kedua negara: 

"Berenang-renang sampai ke hulu, rehat sejenak di kapal kayu.

Meski 2021 telah berlalu, INdonesia-Singapura bersama selalu."

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.