Sukses

Pengumuman PPPK Tahap 2 Ditunda, Ini Kata BKN dan Kemendikbud

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta seleksi PPPK Tahap 2 perlu kembali bersabar. Pengumuman hasil seleksi dikabarkan ditunda. 

Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru Tahap 2 Guru seharusnya pada Kamis (16/2/2012). Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) enggan berkomentar mengenai perubahan jadwal ini. 

"Sebaiknya ditanyakan ke Kemendikbud-Ristek," ujar Karo Humas BKN, Satya Pratama, kepada Liputan6.com, Kamis (16/12/2021). 

Ketika dihubungi, pihak Kemendibuk berkata masih perlu mencari tahu penyebab mundurnya pengumuman. "Coba saya kroscek dulu, ya," ujar Desliana Maulikpaksi dari Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemdikbud. 

Hingga saat ini, Liputan6.com masih menantikan update dari Kemdikbud terkait Seleksi PPPK Guru Tahap 2. Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani juga tidak kunjung merespons pertanyaan terkait hal ini.

Baca Juga:

BKN: Pengumuman PPPK Tahap 2 Pekan Depan

Pengumuman PPPK Tahap 2 Ditunda, Ada Masalah Teknis Terkait Nilai

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

173 Ribu Guru Lolos PPPK Tahap 1

Sebelumnya,  Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian  mengungkap ada 173 ribu guru yang lolos PPPK tahap 1. Ia pun meminta pemerintah agar terus meningkatkan kesejahteraan guru.

"Sebanyak 173.329 guru honorer dinyatakan lulus seleksi kompetensi PPPK tahap 1. Dengan kelulusan tersebut, saya harap kegelisahan Bapak Ibu guru terkait status ketenagakerjaan dapat berkurang dan akan semakin bersemangat dalam mendidik anak-anak kita. Total formasi sebanyak satu juta, saya mendorong bagi para guru honorer yang belum mendaftar atau belum lulus untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan mendaftar di tahap 2 dan 3," jelas Hetifah pada November lalu.

Selain itu, DPR bersama Kemdikbudristek terus berikan dukungan kepada para guru melalui berbagai kebijakan.

"Ada berbagai kebijakan yang kami harap dapat mendukung para guru di seluruh Indonesia. Mulai dari bantuan kuota internet, peluncuran laman Guru Berbagi, relaksasi dana BOS untuk membayar honor guru non-PNS dan honorer, serta bantuan subsidi upah untuk pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS," kata Hetifah. 

3 dari 5 halaman

Cara Cek Hasil Seleksi PPPK Tahap 2

Para peserta bisa mengecek status kelulusan mereka melalui laman resmi rekrutmen PPPK Guru di laman gurupppk.kemdikbud.go.id.

Selain melalui laman PPPK Guru, hasil seleksi juga bisa dicek melalui SSCASN sebagai berikut: 

- Buka situs https://sscasn.bkn.go.id

- Pilih menu "Layanan Informasi" pada bagian atas

- Pilih "Hasil Seleksi PPPK Guru," dan laman informasi hasil ujian seleksi kompetensi PPPK Guru akan muncul secara otomatis.

4 dari 5 halaman

Jadwal PPPK Guru 2021

Dikutip dari laman gurupppk.kemdikbud.go.id, jadwal terakhir yang dipublikasi oleh panitia seleksi adalah jadwal yang ditetapkan dalam Pengumuman Nomor 6510/B/GT.01.00/2021.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi II Guru ASN-PPPK Guru Tahun 2021 :  

- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 7-10 Desember 2021

- Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi II: 16 Desember 2021

- Masa Sanggah II (Masa Pengajuan Sanggah): 17-19 Desember 2021

- Jawaban Sanggah II (Tanggapan Sanggah): 19-25 Desember 2021

- Pengumuman Pasca Masa Sanggah II: 30 Desember 2021.

5 dari 5 halaman

Infografis Usulan Gaji Guru Honorer Setara UMR

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS