Sukses

Varian Baru COVID-19 Omicron Sudah Terdeteksi di 5 Negara Bagian AS Ini

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat telah melaporkan sejumlah kasus varian baru COVID-19 Omicron di sejumlah negara bagian. 

Imbasnya, Presiden Joe Biden pun mengeluarkan sejumlah aturan terkait temuan Varian Omicron termasuk aturan dalam industri perjalanan. 

Selain itu, pemerintah AS pun mengumumkan langkah baru untuk menggencarkan vaksin booster. 

Dilansir dari laman Al Jazeera, Jumat (3/12/2021), berikut ini 5 negara bagian yang mengkonfirmasi kasus Varian Omicron:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. New York

New York telah menemukan lima kasus varian COVID-19 Omicron, menurut gubernurnya.

Temuan itu menjadikannya negara bagian AS keempat yang mendeteksi varian tersebut.

Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan kepada media bahwa salah satu kasus melibatkan seorang wanita Long Island berusia 67 tahun dengan gejala ringan sakit kepala dan batuk yang baru saja kembali dari Afrika Selatan.

Empat orang lainnya adalah warga New York City, tetapi gubernur mengatakan informasi lebih lanjut belum tersedia.

3 dari 7 halaman

2. Hawaii

Negara bagian Hawaii di AS telah mengkonfirmasi kasus pertama varian Omicron, dengan mengatakan itu adalah kasus penyebaran komunitas dan orang tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan.

Orang tersebut, seorang warga Oahu, memiliki gejala sedang. Orang tersebut sebelumnya telah terinfeksi COVID-19 tetapi belum divaksinasi, kata Departemen Kesehatan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Hawaii menjadi negara bagian AS kelima yang mendeteksi varian tersebut.

4 dari 7 halaman

3. California

Negara bagian California di AS melaporkan kasus kedua yang dikonfirmasi dari varian Omicron COVID dalam beberapa hari.

Departemen kesehatan masyarakat Kabupaten Los Angeles mengatakan seorang penduduk daerah mengasingkan diri setelah tampaknya tertular infeksi selama perjalanan ke Afrika Selatan bulan lalu.

Kasus tambahan dilaporkan pada hari Kamis di wilayah New York City, Minnesota, Hawaii dan Colorado sehingga jumlah total kasus yang dikonfirmasi di AS menjadi setidaknya 10.

5 dari 7 halaman

4. Minnesota

Seorang individu yang positif Omicron di Minnesota baru saja kembali dari konvensi anime (kartun Jepang) tiga hari di New York City.

6 dari 7 halaman

5. Colorado

Temuan kasus Varian Omicron di Colorado pada hari Kamis diidentifikasi pada pelancong yang baru saja terbang kembali dari Afrika Selatan.

7 dari 7 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan: