Sukses

WHO Pastikan Vaksin COVID-19 Kurangi Potensi Penularan hingga 40 Persen

Liputan6.com, Jenewa - Vaksin COVID-19 mengurangi penularan varian Delta yang dominan sekitar 40 persen, WHO mengatakan pada Rabu (24/11), memperingatkan bahwa orang-orang jatuh ke dalam rasa aman yang salah tentang vaksin.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan banyak orang yang divaksinasi salah mengira bahwa vaksin itu berarti mereka tidak perlu lagi mengambil tindakan pencegahan lainnya. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (25/11/2021). 

Orang yang diimunisasi penuh harus mengikuti langkah-langkah untuk menghindari tertular virus dan menularkannya, Tedros bersikeras, menjelaskan bagaimana varian Delta yang lebih menular berarti vaksin tidak seefektif melawan penularan.

"Kami prihatin dengan rasa aman palsu bahwa vaksin telah mengakhiri pandemi dan orang-orang yang divaksinasi tidak perlu mengambil tindakan pencegahan lainnya," kata Tedros kepada wartawan.

"Vaksin menyelamatkan nyawa tetapi tidak sepenuhnya mencegah penularan.

"Data menunjukkan bahwa sebelum kedatangan varian Delta, vaksin mengurangi penularan sekitar 60 persen. Dengan Delta, itu turun menjadi sekitar 40 persen."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Varian Delta Dominan

Varian Delta yang lebih menular sekarang sangat dominan di seluruh dunia, memiliki semua kecuali strain lain yang bersaing.

"Jika Anda divaksinasi, Anda memiliki risiko penyakit parah dan kematian yang jauh lebih rendah, tetapi Anda masih berisiko terinfeksi dan menulari orang lain," kata Tedros.

"Kami tidak dapat mengatakan ini dengan cukup jelas: bahkan jika Anda telah divaksinasi, terus lakukan tindakan pencegahan untuk mencegah diri Anda terinfeksi, dan menginfeksi orang lain yang dapat meninggal."

Itu berarti memakai masker, menjaga jarak, menghindari keramaian dan bertemu orang lain di luar atau hanya di ruang dalam ruangan yang berventilasi baik, katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19: