Sukses

20 November 1947: Hari Pernikahan Ratu Elizabeth II dengan Philip Mountbatten

Tepat hari ini adalah perayaan pernikahan Ratu Elizabeth II dengan mendiang Philip Mountbatten.

Liputan6.com, London - 74 tahun yang lalu, pada 20 November 1947, Ratu Elizabeth II yang dulunya masih berstatus sebagai putri menikah dengan sepupu jauhnya, Philip Mountbatten.

Dalam upacara pernikahan mewah di Westminster Abbey di London, seorang mantan pangeran gagah Yunani dan Demark ini, melepaskan gelarnya untuk menikahi putri Inggris.

Pada saat itu, Putri Elizabeth sebagai pewaris takhta Inggris berusia 21 tahun. Sementara Philip, yang berusia 26 tahun telah berjuang sebagai perwira Angkatan laut Inggris selama Perang Dunia II, seperti dilansir dari History, Sabtu (19/11/2021).

Pada malam pernikahannya dengan Elizabeth, Philip diangkat menjadi duke of Edinburgh. Perayaan seputar pernikahan putri populer mengangkat semangat rakyat Inggris, yang mengalami kesulitan ekonomi setelah Perang Dunia II.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Philip Melepaskan Karier Angkatan Laut

Pada tanggal 6 Februari 1952, kematian Raja George VI mengirim Elizabeth ke takhta.

Kemudian, Philip mengakhiri karier angkatan lautnya untuk berkonsentrasi pada tugas barunya menjadi pendamping ratu Inggris. 

Pernikahan Elizabeth dan Philip dikaruniai empat anak, Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. 

Belum genap usia pernikahannya ke 74, Philip meninggal pada tahun 2021, pada usia 99 tahun. 

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.