Sukses

Sepatu Pertama Michael Jordan Tahun 1984 Dilelang, Akan Terjual Rp 21,3 Miliar

Sepatu milik Michael Jordan yang dikenakan pada tahun 80-an dilelang dan diperkirakan terjual seharga Rp 21,3 miliar.

Liputan6.com, New York City - Salah satu sepatu pertama yang dipakai legenda NBA, Michael Jordan selama musim Rookie di tahun 1984 akan dilelang pada Jumat 8 Oktober, dan diperkirakan akan menyentuh harga $1,5 juta atau Rp 21,3 miliar.

Sepatu kets merah putih itu bukan termasuk Air Jordan, melainkan Nike Air Ships, sepatu reguler pertama yang dibuat Nike untuk Jordan di tahun pertamanya, seperti dikutip dari UPI, Sabtu (9/10/2021).

Sepatu itu dipakai dalam permainan dan ditandatangani oleh Jordan, dan merupakan sepatu paling awal yang diketahui dipakai oleh bintang bola basket selama musim reguler 1984-85, yang pertama di NBA bersama Chicago Bulls.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Dapat Pecahkan Rekor dari Sebelumnya

Sepatu itu dikenakan oleh Jordan hanya pada pertandingan kelimanya di liga, pada 1 November 1984, pertandingan melawan Denver Nuggets yang dikalahkan Bulls 129-113. Kala itu, Jordan mencetak 17 poin dalam permainan dan menembak 7 untuk 15 dari lapangan.

Malam itu, pelatih kepala Bulls, Kevin Loughery mengakui bahwa Jordan tidak bermain dengan baik, menurut laporan UPI.

"Begitu kami dikalahkan olehnya, kami akan segera mengejarnya," kata guard Denver Mike Evans setelah pertandingan malam itu, sebelum membuat penilaian yang cukup akurat tentang masa depan Jordan di Liga.

"Tidak diragukan lagi dia akan menjadi pemain hebat setelah beberapa tahun."

Sotheby's menjalankan lelang pada Jumat, dan diharapkan memecahkan rekor untuk sepatu kets yang dijual pada lelang Nike Air Jordan I tahun 1985 yang sudah usang, yang laku seharga $615.000 atau Rp 8,7 miliar.

Pemilik baru sepatu tersebut adalah Tommie Tim III Lewis, seorang ball boy untuk Nuggets pada tahun 1984 dan menerimanya dari Jordan sendiri setelah pertandingan.

3 dari 3 halaman

Nike Mengeluarkan Sepatu Jordan Terbaru

Baru pada musim kedua Jordan, 1985-86, Nike memberinya model pertama di lini Air Jordan, yang sekarang dikenal sebagai Air Jordan I.

"Kapal Nike Air adalah bagian penting dari asal usul merek Air Jordan," kata Sotheby's dalam sebuah pernyataan. 

"Ketika Michael bergabung dengan NBA, Air Jordan I masih belum siap untuknya. Dia lebih suka sepatu kets yang lebih rendah ke tanah, di mana dia bisa merasakan lapangan di bawah kakinya.

"Dalam proses pembuatan Air Jordan I, Nike memasok Jordan dalam jumlah terbatas dari Nike Air Ships, beberapa di antaranya memiliki 'Air Jordan' atau 'Nike Air' tercetak di tumitnya. Pasangan ini, hanya menampilkan 'Air' adalah contoh yang tidak biasa."

Setiap musim sejak 1985, Nike dan Jordan telah merilis versi baru Air Jordan, bahkan sekarang ketika dia tidak lagi bermain. Model terbaru, Air Jordan XXXVI, dirilis pada Agustus.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.