Sukses

4 Alasan Baik Mengapa Tak Perlu Mandi Sebelum Tidur

Dari sudut pandang medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya sangat menyegarkan jika mandi sebelum pergi ke tempat tidur. Sebab, dengan mandi badan akan lebih bersih. Apalagi mandinya dengan air panas.

Tapi dari sudut pandang medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk tidur nyenyak.

Faktanya, kebiasaan yang tampaknya sehat ini mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.

Dikutip dari laman Bright Side, Jumat (1/10/2021), berikut ini terdapat bukti yang menunjukkan mandi sebelum tidur mungkin tidak sebaik yang Anda kira:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidak Bisa Tertidur dengan Mudah

Mandi air panas atau mandi tepat sebelum Anda menyentuh bantal mungkin tampak nyaman. Tetapi pada kenyataannya, itu dapat mengganggu tidur Anda.

Anda beristirahat lebih baik ketika suhu tubuh sedikit lebih rendah, dan saat tubuh mulai mempersiapkan diri untuk tidur malam yang nyenyak, suhu tubuh turun sedikit.

Mandi air panas akan meningkatkan suhu inti yang bisa membingungkan tubuh. Jika Anda merasa tidak bisa tidur tanpa mandi, pilihlah mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

3 dari 5 halaman

2. Membuat Jantung Berdebar Kencang

Jika Anda pernah merasa jantung berdetak lebih cepat setelah mandi air panas, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk hal ini.

Air panas meningkatkan tekanan darah dan para ahli medis memperingatkan bahwa itu bahkan dapat membuat tubuh menjadi sangat panas dan menyebabkan gangguan pada jantung.

Saat jantung berpacu, Anda cenderung menghabiskan malam dengan berguling-guling, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan.

 

4 dari 5 halaman

3. Menambah Berat Badan

Makan malam yang lezat dan mandi air panas setelahnya mungkin tampak seperti cara yang sempurna untuk mengakhiri hari dan pergi ke tempat tidur.

Namun pada kenyataannya, mandi setelah makan dapat membingungkan sistem pencernaan dan menyebabkan penambahan berat badan.

Pencernaan membutuhkan peningkatan aliran darah menuju perut, dan mandi menyebabkan darah mengalir ke bagian lain dari tubuh.

Jika Anda merasa benar-benar perlu mandi di malam hari, lebih baik menunggu setidaknya 30 menit setelah makan.

 

5 dari 5 halaman

4. Buruk Bagi Rambut

Mandi tepat sebelum tidur dan tidur saat rambut masih basah tidak akan menguntungkan bagi kesehatan.

Tidur dengan rambut basah akan menyebabkan sarung bantal menyerap kelembapan dan menciptakan lingkungan hangat dan lembap yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri berbahaya.

Pada gilirannya, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit kepala, seperti gatal, iritasi, dan ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.