Sukses

USAID Luncurkan Program Penurunan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Di berbagai tempat di Indonesia, dua ibu dan delapan bayi baru lahir meninggal setiap jam.

Banyak dari kematian tragis ini dapat dicegah, mencerminkan kesenjangan yang signifikan dalam sistem pelayanan kesehatan.

Untuk meningkatkan hasil kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) meluncurkan program lima tahun senilai 35 juta dolar untuk menurunkan kematian ibu dan bayi baru lahir karena penyebab yang dapat dicegah di Indonesia.

Program baru, USAID MOMENTUM, akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra sektor publik dan swasta lainnya agar pelayanan kesehatan lebih terjangkau dan efisien bagi masyarakat Indonesia, demikian disebutkan dalam rilis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

USAID MOMENTUM akan melakukan investasi yang diperlukan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial bagi ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan swasta dan publik.

Selain itu juga meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit, dan mempromosikan kebijakan dan komitmen yang lebih kuat di antara para pemangku kepentingan untuk kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

"Kami gembira mengumumkan investasi utama yang ditujukan untuk membantu Indonesia meningkatkan kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Sebagai badan pembangunan internasional terdepan dari Pemerintah Amerika Serikat, USAID akan melanjutkan kemitraan selama puluhan tahun dengan Pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk memperluas akses pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak-anak. USAID MOMENTUM akan memberikan manfaat bagi keluarga-keluarga di seluruh Indonesia," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemerintah RI

Karena USAID MOMENTUM selaras dengan tujuan pembangunan Indonesia, program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia.

"Pemerintah Indonesia terus menempatkan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir sebagai prioritas utama dalam Strategi Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk kesehatan ibu dan bayi baru lahir pada tahun 2030. Untuk mencapainya target tersebut, kami bekerja sama dengan USAID melalui Program MOMENTUM," demikian kata Kunta Wibawa, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan.

Program USAID MOMENTUM merupakan salah satu dari berbagai inisiatif USAID di Indonesia, yang menunjukkan luasnya hubungan kedua negara.

USAID MOMENTUM akan bekerja di provinsi prioritas yaitu Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.