Sukses

Ini Asal-Usul Orang Sebut Bless You Ketika Ada yang Bersin?

Berikut adalah beberapa alasan orang menyebut Bless You ketika ada yang bersin, ternyata ada yang dari kepercayaan takhayul.

Liputan6.com, Jakarta - Budaya mengatakan "Bless You" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Terberkatilah Anda" setelah ada yang bersin memang sudah diterapkan sejak kecil di Amerika.

Akan sangat aneh jika tidak menyebutkan "Bless You" setelah seseorang bersin. Situasi akan menjadi canggung atau bahkan bisa dianggap tidak sopan.

Salah satu sumber The New York Times yang dikutip Sabtu (18/9/2019) menyebut bahwa jika seseorang tidak mengucapkan "Bless You" setelah ia bersin, maka itu dianggap tidak sopan. Alasannya, dia selalu mengucapkan "Bless You" kepada siapapun yang bersin, bahkan kepada anjingnya.

Namun, pernahkan kamu penasaran kenapa harus secara spesifik frasa itu yang diucapkan? Dilansir dari Reader's Digest, berikut adalah alasan-alasan orang menyebutkan "Bless You" setelah ada yang bersin:

Selain karena budaya yang mendarah daging sejak kecil, ada beberapa teori kenapa "Bless You" diucapkan. Namun, sebagian besar teori bersinggungan dengan takhayul. Lalu, apa hubungan hantu dengan bersin?

Teori paling populer datang dari kepercayaan kuno bahwa bersin sebenarnya bisa membebaskan roh dari tubuh. Kecuali, tentu saja jika Tuhan memberkati Anda dan mencegah hal ini terjadi.

Teori lain diduga datang dari masa Great Plague (wabah penyakit Pes). Saat itu, gejala utama penyakit Pes adalah bersin yang mana jika orang terkena penyakit tersebut akan meninggal. Paus Gregorius I percaya bahwa mengucapkan "Tuhan Memberkatimu" sebagai doa kecil setelah seseorang bersin akan melindungi mereka dari kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

XX

Berbeda dengan di Jerman, bukan "Bless You" yang diucapkan, tetapi "Gesundheit" yang berarti "Kesehatan" dalam bahasa Indonesia. Setelah bersin, mengucapkan "Gesundheit" kepada orang tersebut diyakini dapat menahan penyakit apapun yang mungkin datang.

Banyaknya imigran di Amerika berasal dari Jerman, ditambah tentara Amerika yang perang dalam kedua Perang Dunia di Jerman, masuk akal jika kata ini secara mulus masuk dalam kosakata Amerika.

Walaupun berdasarkan kepercayaan takhayul dan kepercayaan kuno, tidak ada salahnya mendoakan kesehatan untuk seseorang. Tuhan Memberkatimu!

 

Penulis: Anastasia Merlinda

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Pertimbangan Sebelum Beraktivitas di Luar Rumah Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.