Sukses

Taliban Berkuasa, Inggris Bakal Terima 20 Ribu Pengungsi Afghanistan

Inggris akan menerima pengungsi dari Afghanistan setelah kini Taliban berkuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pengungsi Afghanistan akan dimukimkan kembali di Inggris setelah Taliban menguasai Kabul, seperti yang dijanjikan oleh pemerintah Inggris.

Melansir BBC, Rabu (18/8/2021), skema baru ini akan melihat hingga 20.000 warga Afghanistan menawarkan rute untuk mendirikan rumah di Inggris di tahun-tahun mendatang.

Pada tahun pertama, 5.000 pengungsi yang memenuhi syarat - dengan prioritas perempuan, anak perempuan dan orang lain yang membutuhkan.

Menteri Dalam Negeri Priti Patel mendesak negara-negara lain untuk membantu, dan mengatakan bahwa "kita tidak bisa melakukan ini sendirian".

Namun, beberapa partai oposisi mengkritik skema penyelesaian karena tidak berjalan cukup jauh. Rencana baru ini berada di atas skema yang ada untuk juru bahasa dan staf lain yang bekerja untuk Inggris.

Sekitar 5.000 warga Afghanistan dan anggota keluarga diharapkan mendapat manfaat dari kebijakan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan AS

Downing Street mengatakan PM Boris Johnson berbicara dengan Presiden AS Joe Biden pada Selasa malam tentang evakuasi dari Kabul.

Para pemimpin "memutuskan untuk terus bekerja sama dalam hal ini dalam beberapa hari dan minggu ke depan untuk memungkinkan sebanyak mungkin orang meninggalkan negara itu", kata juru bicara.

"Perdana menteri menekankan pentingnya untuk tidak kehilangan keuntungan yang diperoleh di Afghanistan selama 20 tahun terakhir, melindungi diri kita sendiri dari ancaman yang muncul dari terorisme, dan terus mendukung rakyat Afghanistan."

Para menteri bergegas untuk menyusun skema ini dalam menanggapi situasi di Afghanistan, dengan rincian akhir ditandatangani pada hari Selasa. 

Skema ini akan memprioritaskan mereka yang paling membutuhkan - dengan pemerintah menyoroti perempuan dan anak perempuan dan kelompok minoritas.

Skema ini secara longgar didasarkan pada yang diperkenalkan selama perang Suriah, yang juga melihat 20.000 orang pindah ke Inggris dari 2014 hingga 2021.

Tetapi para menteri mengakui proses untuk mengeluarkan orang dari Afghanistan akan jauh lebih rumit karena luasnya kendali Taliban.

3 dari 3 halaman

Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.