Sukses

Perayaan 75 Tahun Kemerdekaan India Disiarkan Secara Virtual di Seluruh Dunia

Duta besar India untuk Indonesia menyampaikan pidato mulai dari kemenangan India dalam Olimpiade Tokyo hingga pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 15 Agustus 2021 menandai 75 tahun kemerdekaan India. Tahun ini, perayaan kemerdekaan dapat disaksikan semua orang dari berbagai belahan dunia melalui siaran langsung di YouTube.

Shri Manoj Kumar Bharti selaku duta besar India untuk Indonesia menyampaikan pidatonya. Dari kemenangan yang telah diraih India dalam Olimpiade Tokyo, demokrasi India, hingga pandemi COVID-19.

Shri Manoj menyampaikan bahwa India akhirnya berhasil keluar dari masa krisis COVID-19 dan saat ini, infeksi virus sudah dapat dikendalikan.

Ia menyampaikan kedukaannya terhadap gelombang kedua pandemi yang telah merengut banyak nyawa. Namun, tidak dipungkiri jumlah nyawa yang berhasil diselamatkan lebih banyak daripada yang tidak.

Saat ini, India berada di urutan ke-3 negara di dunia yang warganya sudah menerima vaksinasi, yakni sebanyak 270 juta orang lebih.

Dalam pidato singkatnya, Shri Manoj juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada negara-negara yang membantu India keluar dari masa sulit pandemi COVID-19 saat itu.

Pentingnya vaksinasi pun digaungkan oleh sang Duta Besar.

"Kita tidak boleh lengah. Vaksinasi adalah perlindungan paling memungkinkan yang ditawarkan para ilmuwan," ujar Shri Manoj dalam pidatonya pada Minggu, (15/8/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suatu Pencapaian yang Membanggakan

"Bahkan tanpa infrastruktur (yang canggih) dibandingkan dengan negara lain yang modern, kita telah mencapai sesuatu yang sangat besar dan baik," kata Shri Manoj.

"Biarkan hal ini menunjukkan bagaimana India meraih kemajuan dalam hal vaksinasi dan saat ini, India hampir dua setengah kali lebih tinggi dari negara mana pun di dunia dalam hal jumlah warga yang telah divaksinasi."

Shri Manoj mengatakan itulah hal terbaru dari India yang dibanggakan. Bahkan ia telah mengangkat masalah tersebut dengan pemerintah Indonesia dengan harapan pemerintah dapat menerapkan beberapa pelajaran yang telah dipelajari India dalam menghadapi gelombang kedua pandemi.

Menurtu Shri Manoj, Pertemuan-pertemuan daring dengan berbagai negara lain membuka ruang untuk dapat saling bekerja sama mneghadarpi pandemi. Mulai dari obat-obatan hingga vaksinasi.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.