Sukses

5 Kegiatan Seru Bareng Anak Meski di Rumah Saja Saat Pandemi COVID-19

Berikut beberapa tips sederhana yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah bersama anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19i membuat mayoritas aktivitas dilakukan di rumah. Meski terasa membosankan. Semua dilakukan serba daring mulai dari sekolah, perkantoran, bahkan membeli makan di restoran saja disarankan untuk delivery. 

Imbas pandemi, kegiatan anak-anak yang biasa belajar di sekolah membuat tingkat kreativitasnya menurun akibat di rumah saja.

Sebenarnya momen ini bisa jadi golden moment bagi para orang tua kepada anaknya. Misalnya saja bermain sekaligus memberikan edukasi. Bukan hanya ilmu bermanfaat tetapi hubungan juga terasa lebih harmonis.

Mengutip dari Very Well Family pada Kamis, 12 Agustus 2021, berikut beberapa aktivitas pilihan yang bisa Anda lakukan bersama buah hati selama pandemi COVID-19, antara lain:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bermain Game Edukasi

Biasanya orang tua paling sebal ketika si buah hati mulai kecanduan game. Sebaiknya kita perlu memantau dan memberikan pilihan permainan yang bermanfaat. Maksudnya memberikan permainan yang lebih mengarah pada seputar mata pelajaran.

Misalnya, bagi anak-anak prasekolah, mulailah dengan permainan dasar yang membantunya mempelajari hewan ternak, angka, warna dan bentuk. Sesuaikan permainan untuk anak usia sekolah dengan mencakup anatomi, informasi singkat dunia, bahasa asing, dan sejarah.

3 dari 6 halaman

2. Latihan Menulis

Menulis adalah dasar keterampilan yang akan digunakan anak-anak Anda sepanjang hidup mereka. Ajari mereka untuk menulis dengan pensil di kertas. Cobalah Anda berikan contoh seperti hubungkan titik-titik pada sebuah karakter huruf. Anda juga bisa menggunakan Play-Doh untuk membentuk huruf atau menggambar huruf.

4 dari 6 halaman

3. Berhitung

Mengajari anak Anda cara berhitung memang mudah, tetapi melafalkan angka dengan urutan yang benar itu terasa lebih sulit.Anda bisa mengajarinya dengan memainkan game yang memungkinkan mereka menyentuh objek dan membuat mereka berhitung. Sebuah studi menunjukkan bahwa aktivitas langsung lebih mengaktifkan otak anak-anak dan membantu mereka belajar lebih baik.

5 dari 6 halaman

4. Bereksperimen

Membuat eksperimen sains dan memberikan seputar pengetahuan laboratorium kimia. Tidak perlu khawatir tetap berikan edukasi yang cukup dan sesuaikan umur. Sehingga Anda tidak tidak perlu takut rumah Anda akan meledak usai mengajari anak-anak Anda.

Bagi anak-anak yang belum sekolah cukup dengan eksperimen sains sederhana. Anda cukup menggunakan permen karet dan tusuk gigi untuk membuat bentuk. Kemudian, anak-anak usia sekolah, Anda dapat mencoba eksperimen sains di level yang sesuai dan tidak menimbulkan bahaya.

6 dari 6 halaman

5. Berkebun

Berkebun memang menyenangkan, anak-anak dapat memperoleh ilmu sains, nutrisi, dan melatih kesabaran

Menanam mengajarkan anak-anak prasekolah bagaimana proses tanaman menjadi hidup. Ini juga merupakan cara mudah untuk mengajarinya tentang nutrisi dan membuatnya bersemangat untuk memakan sayuran yang dia tanam. Anak usia sekolah dapat membuat jurnal berkebun, mempelajari nama ilmiah tanaman, dan menanam tanaman yang lebih sulit.

Itu dia beberapa tips seru yang sederhana meski di rumah saja.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.