Sukses

Kebakaran Hutan di Athena Capai Suhu 40 Derajat Celcius, Jarak Pandang Terbatas

Asap dari api kebakaran hutan terlihat di atas Athena, membatasi jarak pandang di beberapa bagian ibu kota. Pesawat dan helikopter yang menjatuhkan air pun dikerahkan.

Liputan6.com, Yunani - Sebuah daerah di utara ibu kota Yunani, Athena, telah dilanda kebakaran hutan dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) dalam beberapa hari ke depan.

Laporan BBC yang dikutip Rabu (28/7/2021) menyebutkan bahwa api melahap hutan pinus, menghancurkan rumah-rumah, sebelum petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikannya pada Selasa 27 Juli 2021 waktu setempat.

Kebakaran hutan adalah kejadian umum di Yunani saat musim panas, tetapi ada kekhawatiran bahwa perubahan iklim memperburuk situasi.

Orang-orang di daerah Samanta, 30 km (18 mil) utara Athena dievakuasi. Yang lain diperingatkan untuk menutup pintu dan jendela.

Asap dari api terlihat di atas Athena, membatasi jarak pandang di beberapa bagian ibu kota.

Pesawat dan helikopter yang menjatuhkan air pun digunakan untuk membantu 300 petugas pemadam kebakaran memadamkan api, menurut media Kathimerini.

Penyebab kebakaran belum diketahui tetapi penyelidikan sedang dilakukan.

Beberapa bagian Yunani dalam siaga tinggi untuk kebakaran.

Kebakaran juga dilaporkan terjadi di Italia dan Spanyol.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Hutan di Italia dan Spanyol

Kebakaran juga telah dilaporkan di pulau Sardinia Italia dan di wilayah Catalonia Spanyol.

Selama akhir pekan, Catalonia mencatat kebakaran hutan terburuk yang melanda wilayah itu dalam dua tahun terakhir.

Hujan pada Senin 226 Juli 2021 membantu petugas pemadam kebakaran untuk mengendalikan sebagian besar api. Kendati demikian saat itu api telah membakar lebih dari 1.657 hektar (4.094 hektar) lahan.

Di Sardinia, sejumlah kebakaran hutan melanda bagian barat daya pulau itu dengan lebih dari 1.000 orang dievakuasi.

Wilayah tersebut telah menyatakan keadaan darurat.

Uni Eropa mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka mengirim empat pesawat pemadam kebakaran ke pulau itu menyusul permintaan dari pihak berwenang Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.