Sukses

Rumor Cinta hingga Menteri Termuda, Ini 5 Fakta Syed Saddiq yang Didakwa Kasus Korupsi

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman didakwa lantaran melakukan tindakan korupsi serta penyalahgunaan dana partai berkuasa Pribumi Bersatu.

Pria yag kini menjabat sebagai anggota parlemen Muar Malaysia tersebut didakwa pada Kamis (22/7) di pengadilan Kuala Lumpur dengan pelanggaran pidana kepercayaan senilai 1 juta ringgit atau setara Rp 3,4 miliar.

Syed Saddiq juga dinilai secara tidak jujur ​​menyalahgunakan 120.000 ringgit atau setara Rp 411 juta dalam sumbangan untuk kampanye pemilihan umum ke-14.

Kemunculan Syed Saddiq pertama kali memang telah menyita perhatian. Lantaran punya paras yang dianggap tampan dan posisi sebagai menteri. Dikutip dari laman Hype.my, Jumat (23/7/2021), berikut ini 5 fakta soal Syed Saddiq:

 

2 dari 6 halaman

1. Menteri Termuda dalam Sejarah Malaysia

Syed Saddiq adalah menteri termuda di dalam Kabinet Malaysia pada usia 25 tahun. Dia ditunjuk sebagai menteri pemuda dan olahraga, menggantikan pendahulunya Khairy Jamaluddin.

Jamaluddin sebelumnya mendapat predikat sebagai menteri termuda negara itu -- berusia 37 tahun.

 

3 dari 6 halaman

2. Spekulasi dalam Berbagai Rumor Cinta

Memiliki wajah yang tampan selalu datang dengan harga yang mahal. Paras rupawan Syed Saddiq membuatnya jadi korban berbagai tuduhan dan spekulasi dalam hal hubungan asmara.

Dia sebelumnya dikaitkan punya hubungan dengan aktris lokal Emma Maembong, pengusaha dan artis Neelofa, mahasiswa kedokteran Salmah Luth Jones, putri Menteri Perekonomian Azmin Ali Farah Amira Azmin, dan Melia Serena Mukhriz, putri Mukhriz dan cucu Tun Mahathir.

4 dari 6 halaman

3. Aktif di Kompetisi Debat Asia

Syed Saddiq, lulusan hukum dari International Islamic University Malaysia, pernah mewakili universitasnya dalam beberapa kompetisi debat tingkat internasional.

Dia adalah pendebat terbaik Asia di Kejuaraan Debat Asian British Parliamentary (ABP) 2015, United Asian Debating Championship (UADC) 2015 di Bali, dan ABP 2012 di Jakarta, Indonesia.

 

5 dari 6 halaman

4. Menolak Tawaran ke Oxford Dua Kali

Majalah Times Higher Education (THE), sebuah publikasi tahunan tentang peringkat universitas menempatkan University of Oxford sebagai universitas #1 dunia.

Jadi, mendapatkan tawaran dari Oxford adalah masalah besar. Namun demikian, anggota parlemen Muar Malaysia ini telah menolak tawaran langka itu tidak hanya sekali, tetapi dua kali.

"Untuk kedua kalinya, saya terpaksa menolak tawaran itu karena saya telah diberi kepercayaan dan tanggung jawab oleh pemilih Muar untuk menyampaikan suaranya ke DPR. Padahal, saya yakin tugas saya jauh lebih besar yaitu untuk mereformasi dan melayani rakyat Malaysia," kata Syed seperti dikutip NST.

 

6 dari 6 halaman

5. Memiliki Saudara yang Sama Tampannya

Syed Saddiq adalah anak bungsu dari empat bersaudara yang terdiri dari Syed Salleh, Sharifah Amani, dan Syed Abdullah.

Tetapi saudara kandung yang menarik perhatian orang adalah Syed Abdullah yang berusia 29 tahun.

Kakak laki-laki itu menjadi viral karena ketampanan dan tubuhnya yang atletis. Tetapi dari segi penampilan, dia adalah kebalikan dari Syed Saddiq karena Abdullah lebih tinggi, berkulit lebih gelap dan lebih berotot.