Sukses

Otoritas Nigeria Bebaskan 100 Wanita dan Anak-Anak Korban Penculikan

Kelompok wanita dan anak-anak yang diculik pada 8 Juni 2021 di negara bagian Zamfara, Nigeria berhasil dibebaskan.

Liputan6.com, Zamfara - Pihak berwenang di Nigeria telah membebaskan 100 wanita dan anak-anak -- terutama ibu menyusui bayi -- yang ditangkap oleh sejumlah bandit.

Kelompok itu diculik pada 8 Juni 2021 di negara bagian Zamfara, Nigeria. Empat orang juga tewas dalam insiden tersebut, demikian dikutip dari laman BBC, Rabu (21/7/2021).

Pemerintah negara bagian Zamfara mengatakan, mereka dibebaskan tanpa ada uang tebusan yang dibayar, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Kelompok itu akan diberikan pemeriksaan kesehatan dan pembekalan sebelum mereka kembali ke rumah.

Serentetan penculikan telah terjadi di sejumlah wilayah Nigeria selama beberapa bulan terakhir.

Sejak Desember 2020, lebih dari 1.000 orang telah diculik. Sebagian besar kemudian dibebaskan, dilaporkan setelah uang tebusan dibayarkan, tetapi beberapa telah dibunuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penculikan Bermotif Uang

Pihak berwenang menyalahkan insiden ini pada bandit yang beroperasi di wilayah tersebut -- sebagian besar dimotivasi oleh uang.

Sejak penculikan yang dipublikasikan dengan baik pada tahun 2014 terhadap 276 siswi dari sekolah menengah Chibok oleh militan Boko Haram di negara bagian Borno, lebih banyak kelompok bersenjata melakukan penculikan massal terhadap siswa.

Presiden Muhammadu Buhari telah mengarahkan militer untuk mengusir kelompok penjahat itu di Zamfara dan negara bagian Kaduna dan Katsina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.