Sukses

Disangka Joget, Ternyata Astronot Ini Lagi Mandi Bersihkan Diri dari Nitrogen

Saat berada di International Space Station, seorang astronot membuat aksi yang menyita warga Twitter.

Liputan6.com, New York City - Thomas Pesquet dari European Space Agency (ESA) dan Shane Kimbrough dari NASA melakukan perjalanan ke ruang angkasa (spacewalk) terbaru mereka di International Space Station (ISS) pada Jumat (25/06/2021).

Mereka disana untuk menginstalasi kedua dari enam susunan surya baru, sebagai bagian dari pekerjaan berkelanjutan untuk meningkatkan daya stasiun di International Space Station.

Sebagaimana dilansir dari Digital Trends pada Selasa (29/06/2021). Sebelum mereka meninggalkan ISS, Pesquet dan Kimbrough mencuri perhatian netizen dari video Twitter yang dibagikannya saat berada di stasiun ruang angkasa. Tampak mereka melakukan sedikit tarian saat mengenakan pakaian angkasawan (space suit).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan Tarian untuk Membersihkan Nitrogen

Dalam sebuah unggahan Facebook pada hari Jumat, Pesquet bercanda menggambarkan urutan sebagai "tarian spacewalk" sebelum menawarkan penjelasan yang lebih lengkap tentang boogie singkat.

"Kami tidak benar-benar menari tetapi membersihkan tubuh kami dari nitrogen," terang astronot asal Prancis itu.

"Kami menghirup oksigen murni dan perlahan semua nitrogen dalam tubuh kami digantikan oleh oksigen, yang lebih aman saat berpindah dari tekanan tinggi (Stasiun Luar Angkasa) ke tekanan rendah (baju antariksa)."

"Olahraga ringan membuat kita menghirup lebih banyak oksigen dan membuang nitrogen lebih cepat. Juga, menari itu menyenangkan," jelasnya.

Menguraikan prosedur, NASA menjelaskan di pada laman resminnya bahwa astronot naik ke pakaian antariksa mereka beberapa jam sebelum perjalanan ruang angkasa dimulai. Dengan pakaian yang diberi tekanan dan diisi dengan oksigen murni.

Dalam pakaian antariksa mereka, para astronot menghirup oksigen untuk membersihkan tubuh mereka dari nitrogen yang dapat menyebabkan pembentukan gelembung gas dalam aliran darah dan jaringan mereka ketika mereka keluar dari pos yang mengorbit.

“Gelembung gas ini dapat menyebabkan astronot merasakan sakit di bahu, siku, pergelangan tangan, dan lutut mereka. Rasa sakit ini disebut 'menekuk' karena mempengaruhi tempat tubuh membungkuk. Penyelam scuba juga bisa mendapatkan tikungan," kata NASA.

Cara alternatif bagi astronot untuk mengeluarkan nitrogen adalah dengan menghabiskan waktu di salah satu pintu udara stasiun ruang angkasa, kompartemen yang terletak di antara bagian utama ISS dan ruang angkasa.

Tekanan kabin kemudian dikurangi di airlock. Memungkinkan astronot dengan aman membersihkan tubuh mereka dari nitrogen sebelum keluar dari stasiun.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.