Sukses

Makna Lilibet Diana, Nama Anak Kedua Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle telah melahirkan anak kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Duke dan Duchess of Sussex yakni Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengumumkan kelahiran anak kedua mereka yakni seorang bayi perempuan.

Mengutip BBC, Senin (7/6/2021), Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor lahir pada Jumat pagi di sebuah rumah sakit di Santa Barbara, California.

Pernyataan resmi mengatakan bahwa sang ibu, Meghan Markle dan anak berada dalam kondisi sehat.

Istana Buckingham mengatakan: "Ratu, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall, serta Duke dan Duchess of Cambridge telah diberitahu dan senang dengan berita itu."

Pangeran Harry dan Meghan mengatakan mereka menamai anak kedua mereka Lilibet yang berasal dari nama panggilan Keluarga Kerajaan untuk Ratu, nenek buyut bayi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arti Nama Lilibet

Lilibet, nama panggilan keluarga Ratu diciptakan ketika Putri Elizabeth saat itu masih balita dan tidak bisa mengucapkan namanya dengan benar.

Kakeknya, Raja George V, dengan sayang memanggilnya Lilibet lantaran meniru usahanya sendiri untuk menyebut namanya. Sejak itu, Lilibet menjadi nama panggilannya.

Mendiang suami Ratu, Duke of Edinburgh, juga memanggilnya dengan nama panggilan, dan menulis kepada ibu mertuanya setelah pernikahan mereka: "Lilibet adalah satu-satunya di dunia yang benar-benar nyata bagi saya."

Nama tengah Baby Lili, Diana, diberikan untuk menghormati ibu Pangeran Harry, Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997 ketika dia berusia 12 tahun.

Sepupu Lili, Putri Charlotte, putri Pangeran William dan Catherine, juga memiliki Diana sebagai salah satu nama tengahnya, serta Elizabeth.

Usai orang tuanya memutuskan untuk keluar dari Kerajaan, Lilibet adalah bangsawan paling senior di garis suksesi saat ini yang lahir di luar negeri dan akan memenuhi syarat untuk menjadi presiden Amerika Serikat.

Tapi seperti kakak laki-lakinya Archie, yang tidak berhak atas gelar kerajaan ketika dia lahir, Lilibet tidak akan diizinkan menjadi seorang putri atau HRH sampai Ratu meninggal dan Pangeran Charles menjadi raja, di bawah aturan yang ditetapkan lebih dari 100 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.