Sukses

Setelah 50 Tahun, Polisi Ungkap Misteri Pelaku Pembunuhan Remaja di Illinois

Seorang pria berusia 76 tahun ditangkap pada 2 Juni sehubungan dengan kematian penusukan pada tahun 1972 dari Julie Ann Hanson yang berusia 15 tahun.

Liputan6.com, Illinois - Setelah 50 tahun berlalu, polisi akhirnya berhasil menangkap dan mendakwa seorang pria atas kematian seorang remaja Illinois yang tubuhnya ditemukan di sebuah lapangan ditikam beberapa kali.

Barry Lee Whelpley, 76, dari Mounds View, Minnesota, ditangkap pada 2 Juni 1972 atas pembunuhan Julie Ann Hanson, seorang penduduk Naperville, Illinois berusia 15 tahun.

"Kejahatan mengerikan ini telah menghantui keluarga ini, komunitas ini dan departemen ini selama 49 tahun," kata Kepala Polisi Naperville Robert Marshall.

"Penyelidikan dan dakwaan yang dihasilkan benar-benar merupakan upaya tim yang berlangsung selama beberapa dekade, dan saya sangat bangga dengan tekad dan akal para penyelidik kami, baik dulu maupun sekarang, yang tidak pernah menyerah pada Julie."

Melansir CNN, Hanson meminjam sepeda kakaknya pada tanggal 8 Juli 1972 untuk pergi ke pertandingan bisbol dan tidak pernah kembali ke rumah. Dia dilaporkan hilang ke polisi Naperville dan tubuhnya ditemukan kemudian hari itu di sebuah lapangan dengan beberapa luka tusukan.

Seorang tersangka dalam kasus itu tidak segera diidentifikasi. Tetapi setelah 49 tahun penyelidikan lanjutan, pihak berwenang digiring ke penangkapan melalui kemajuan teknologi dalam analisis DNA dan silsilah genetik, kata Marshall.

"Ini bukan kasus yang dingin untuk departemen kepolisian kami," kata Marshall. "Kami semua sadar akan pembunuhan Julie yang mencari si pembunuh dan kami memiliki foto Julie di meja dan penyelidikan kami selama bertahun-tahun."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku Selama Ini Tinggal Dekat dengan Rumah Korban

Pada saat pembunuhan Hanson, Whelpley berusia 27 tahun dan tinggal dalam jarak satu mil dari rumah Hanson, kata polisi.

Pihak berwenang mengatakan mereka tidak dapat memberikan rincian tentang bukti DNA yang mengarah pada penangkapan tersebut untuk menghindari membahayakan penuntutan kasus tersebut.

"Kami tidak bisa membahas secara spesifik," kata Jaksa Negara Bagian Will County James Glasgow.

"Saya pikir mungkin semua orang di media mengetahui prosedur ini, dan para detektif ini menggunakannya dengan sangat ahli, dan menghasilkan dakwaan yang diajukan di sini hari ini."

Whelpley, pensiunan tukang las, ditahan di Ramsey County, Minnesota, tempat dia menunggu ekstradisi ke Illinois, kata polisi.

Kantor Kejaksaan Negara Bagian Will telah mendakwa Whelpley dengan tiga tuduhan pembunuhan tingkat pertama dengan jaminan sebesar $10 juta (Rp 142 miliar).

Keluarga Hanson mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berterima kasih kepada semua yang telah menangani kasus ini selama bertahun-tahun, menurut polisi.

Hingga Jumat malam, tidak jelas apakah Whelpley telah memperoleh seorang pengacara.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.