Sukses

Jadi Tuan Rumah, AS Bakal Dorong Tindakan Nyata dalam KTT Perubahan Iklim

Presiden Joe Biden akan menjadi tuan rumah dalam acara KTT perubahan iklim yang diadakan oleh AS dan mengundang sejumlah pemimpin negara.

Liputan6.com, Jakarta - AS akan berusaha untuk menegaskan kembali kepemimpinan globalnya pada perubahan iklim saat Presiden Joe Biden menjadi tuan rumah bagi 40 pemimpin pada pertemuan puncak virtual di Gedung Putih.

Diharapkan bahwa AS akan mengungkap janji karbon terbaru yang akan membuat emisi mereka hampir setengahnya pada tahun 2030.

Melansir BBC, Kamis (22/4/2021), menjelang pertemuan tersebut , para pejabat mendesak ambisi yang lebih besar pada negara-negara yang dianggap tertinggal dalam hal iklim. Mengacu pada Australia, seorang pejabat mengatakan "harus ada pergeseran" dalam pendekatan mereka.

Presiden Biden telah menjadikan perubahan iklim sebagai fokus utama di hari-hari awal pemerintahannya.

Selain bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris pada hari pertamanya menjabat, dia mengumumkan sejak awal bahwa dia akan mengumpulkan sekitar 40 pemimpin dunia untuk menghadiri KTT global pada Hari Bumi yakni pada 22 April.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China Bakal Hadir

Salah satu pemimpin yang telah mengkonfirmasi kehadirannya adalah Presiden China Xi Jinping.

Terlepas dari ketegangan serius antara kedua negara terkait sejumlah masalah, kedua belah pihak tampaknya ingin memisahkan perubahan iklim dari perselisihan ini. 

Akhir pekan lalu, kedua negara mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan mereka akan mengatasi iklim "dengan keseriusan dan urgensi yang dituntutnya".

Berbicara menjelang pertemuan, seorang pejabat senior pemerintahan Biden berbicara dengan hangat tentang potensi kerja sama.

"Sangat jelas bahwa ada tingkat ambisi yang sama. Kedua negara melihat ini sebagai krisis. Kedua negara melihat perlunya tindakan pada tahun 2020-an. Kedua negara melihat perlunya bekerja untuk menahan kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat celcius," katanya. 

"Kami tentu berharap Presiden Xi akan datang ke pertemuan tersebut, dan menguraikan lebih lanjut tentang beberapa upaya tambahan yang akan dipilih China. Tetapi saya pikir kami memiliki dasar yang sangat kuat dalam pernyataan bersama yang dibuat oleh kedua negara tentang arah yang akan dituju keduanya," tambahnya lagi. 

3 dari 3 halaman

Australia dan Brasil Lamban Tangani Krisis

Sementara itu, bagi negara lain yang lamban dalam mengambil tindakan terhadap perubahan iklim, tim Biden dinilai masih kurang efektif. 

Pendekatan skeptis Brasil dan Australia terhadap masalah ini mendapat dukungan di Gedung Putih selama masa pemerintahan Trump. 

"Saat ini, saya pikir rekan-rekan kami di Australia menyadari bahwa harus ada perubahan," kata seorang pejabat.

"Tidaklah cukup untuk mengikuti lintasan yang ada, dan berharap bahwa mereka akan berada di jalur dekarbonisasi yang dalam, dan mencapai emisi nol bersih pada pertengahan abad."

Berbicara tentang Brasil, pejabat yang sama mengatakan: "Harapan semua negara adalah bahwa ambisi harus segera ditingkatkan."

Tetapi sementara AS berbicara dengan keras tentang ambisi, bukti perubahan bagi banyak pengamat akan ada dalam janji pemotongan karbon baru mereka untuk tahun 2030 yang diharapkan akan mereka umumkan di KTT.

Ini akan membutuhkan gerak kaki yang cerdik dari AS. Mereka harus mencari sosok yang kredibel secara ilmiah tetapi juga dapat dicapai secara politik. 

Sementara Demokrat memiliki mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat, Senat pada dasarnya menemui jalan buntu, membuat pengesahan undang-undang iklim baru agak rumit.

"Bagi saya, Presiden Biden agak kesulitan, dan dia harus berurusan dengan Kongres yang dia miliki," kata Samantha Gross dari Brookings Institution.

"Tapi saya percaya bahwa Kongres, terutama Partai Republik, belum benar-benar menjaga perhatian publik Amerika yang meningkat tentang iklim."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.