Sukses

Jelang Pemakaman Pangeran Philip, Ini Sederet Persiapan Kerajaan Inggris

Pangeran Philip berpesan agar pemakamannya dilakukan dengan cara sederhana. Ini persiapan Kerajaan Inggris di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, London - Persiapan pemakaman sedang dilakukan untuk Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada Jumat, 9 April 2021 dalam usia 99 tahun.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (16/4/2021) upacara pemakaman akan diadakan di Kapel St George, di halaman Kastil Windsor, pada pukul 15:00 waktu setempat pada Sabtu, 17 April 2021, Inggris.

Jenazah Pangeran Philip sekarang diistirahatkan di kapel pribadi di Kastil Windsor.

Duke of Edinburgh dilaporkan telah meminta pemakaman dengan sedikit kerumunan. Prosesi dan layanan ini akan disiarkan di televisi.

Siapa yang akan menghadiri pemakaman?

Pembatasan virus Corona COVID-19 di Inggris membuat pihak istana mesti menaati peraturan. Itu berarti hanya 30 orang yang diizinkan menghadiri pemakaman.

Daftar tamu termasuk anggota keluarga Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, termasuk tiga kerabat asal Jerman-nya.

Pangeran Harry akan hadir tetapi istrinya Meghan, yang sedang hamil, tidak akan melakukan perjalanan dari AS, atas saran medis.

Ini adalah pertama kalinya Duke of Sussex kembali ke Inggris sejak mengundurkan diri sebagai bangsawan senior tahun lalu.

Hadirin diharapkan mengenakan masker sesuai dengan nasihat pemerintah. Para pengusung jenazah dan pendeta tidak termasuk dalam jumlah peserta.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Pangeran Philip

Pangeran Philip akan memiliki upacara pemakaman, namun bukan pemakaman kenegaraan. Ada perbedaan sedikit dari pemakaman kenegaraan biasanya dikhususkan untuk raja, meskipun Perdana Menteri Winston Churchill di masa perang diberi pemakaman kenegaraan.

Ibu Suri pun juga mengadakan upacara pemakaman pada tahun 2002, seperti yang dilakukan Diana, Putri Wales pada tahun 1997.

Pada hari pemakaman, peti mati akan dipindahkan dari kapel pribadi ke Pintu Masuk Negara Bagian Kastil Windsor.

Itu akan ditempatkan pada Land Rover yang dimodifikasi, yang dirancang sendiri oleh Pangeran Philip untuk dibawa dalam jarak dekat ke Kapel St George.

 

3 dari 4 halaman

Rincian Prosesi Pemakaman Berdasarkan Waktu British Summer Time (BST)

Berdasarkan jadwal prosesi pemakaman yang diatur dengan waktu setempat -- dengan perhitungan British Summer Time (BST), pada 14:15 BST, persiapan akan dilangsungkan.

Pihak di Kastil Windsor (tempat Pangeran Philip saat ini) akan dibatasi oleh Kavaleri Rumah Tangga dan Penjaga Khusus, bersama dengan detasemen militer dari unit yang memiliki hubungan khusus dengan Pangeran Philip.

14:20 BST

Pada 14:20 BST, anggota Keluarga Kerajaan dan keluarga Duke of Edinburgh tidak ambil bagian dalam prosesi meninggalkan Kastil Windsor dengan mobil menuju Kapel St. George.

14:40 BST

Pada 14:40 BST, pemain band yang mengiringi musik di Quadrangle berhenti bermain dan peti mati akan dibawa ke Land Rover -- mobil pesanan Pangeran Philip yang dimodifikasi,

Anggota Keluarga Kerajaan yang berjalan dalam prosesi akan meninggalkan pintu masuk setelah peti mati dan mengambil posisi mereka.

14:45 BST

Pukul 14.45 BST, prosesi dimulai. Dipimpin oleh kelompok Pengawal Grenadier, prosesi akan berpindah dari Quadrangle ke Biara Horseshoe.

Pengiring musik mengikuti Major General's party dan kepala staf militer. Land Rover mengikuti, diapit oleh pallbearer dari Royal Marines dan resimen dan korps lain yang terkait dengan Duke of Edinburgh.

Anggota Keluarga Kerajaan, termasuk Pangeran Wales, akan berjalan di belakang peti mati. Sang Ratu akan melakukan perjalanan di belakang prosesi di Negara Bagian Bentley dan akan memasuki kapel St George melalui teras Galilea.

Rute prosesi akan dibatasi oleh personel dari Royal Navy, Royal Marines, The Highlanders, Batalyon 4 Royal Regiment of Scotland dan Royal Air Force.

Senjata akan ditembakkan oleh The King's Troop Royal Horse Artillery dari East Lawn saat lonceng berbunyi di Curfew Tower, di ujung barat kastil.

 

4 dari 4 halaman

Khusus Anggota Kerajaan Inggris

14:53 BST

Pukul 14:53 BST, Land Rover akan tiba di West Steps of St George's Chapel, dan bertemu dengan guard of honour dan band dari Rifles Regiment, yang akan memainkan lagu kebangsaan.

Anggota dari Household Cavalry akan berbaris di West Steps dan Angkatan Laut Kerajaan akan membawa peti mati naik ke tangga kapel.

Peti mati dibungkus kain khusus, dengan karangan bunga dan topi angkatan laut dan pedang di atasnya, akan disambut oleh dekan Windsor, bersama dengan Uskup Agung Canterbury.

Hanya anggota Keluarga Kerajaan yang akan memasuki kapel -- sisanya akan tetap berada di luar.

15:00 BST

Pada 15:00 BST, keheningan satu menit akan diadakan di seluruh negeri, untuk mengenang sang adipati.

Awal dan akhir keheningan akan ditandai dengan tembakan dari The King's Troop Royal Horse Artillery.

Di dalam kapel, layanan pemakaman akan dimulai saat peti mati dibawa ke Quire, dan ditempatkan di atas platform yang disebut catafalque.

Setelah kebaktian, Pangeran Philip akan dimakamkan di tempat khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.