Sukses

Ratu Elizabeth II Menjalankan Tugas Perdana Sejak Kematian Pangeran Philip

Ratu Elizabeth akan melaksanakan upacara pergantian Chamberlain atau pejabat senior Rumah Tangga Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II melakukan tugas kerajaan secara perdana sejak suaminya, Duke of Edinburgh, meninggal pada Jumat 9 April. Pihak kerajaan menyelenggarakan upacara di mana Earl Peel secara resmi mundur sebagai Chamberlain -- pejabat senior Rumah Tangga Kerajaan Inggris.

Seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (14/4/2021), selama acara pribadi yang diadakan di Kastil Windsor, Ratu Elizabeth menerima tongkat dan lencana kantor mantan ajudan kerajaannya tersebut.

Keluarga Kerajaan Inggris melakukan dua minggu berkabung. Pemakaman Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth akan berlangsung di Windsor pada Sabtu mendatang.

Seorang pejabat kerajaan mengatakan, anggota keluarga akan terus "melakukan keterlibatannya sesuai dengan keadaan."

Earl Peel mengumumkan dia akan pensiun sebagai Lord Chamberlain tahun lalu, dengan penggantinya Andrew Parker, mantan kepala MI5 -- yang sudah memulai perannya lebih dari seminggu sebelum Pangeran Philip meninggal.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratu Elizabeth Sampaikan Duka Mendalam

Kabar meninggalnya Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II disampaikan oleh Kerajaan Inggris pada Jumat (9/4/2021).

Lewat situs resmi kerajaan Inggris Royal.uk, pihak istana menyampaikan rasa kesedihan dari Ratu Elizabeth II atas berpulangnya Pangeran Philip.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh.

Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor.

Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya.

Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.