Sukses

Limbah Beracun Bocor, Florida Umumkan Situasi Darurat

Florida umumkan situasi darurat setelah adanya kebocoran limbah beracun. Ratusan orang harus dievakuasi.

Liputan6.com, Manatee County - Negara bagian Florida di Amerika Serikat mengumumkan keadaan darurat di Matanee County akibat bocornya kolam penampungan limbah beracun di Piney Point. Para penghuni rumah di area tersebut diminta evakuasi.

Dilaporkan BBC, Minggu (4/4/2021), warga tersebut menghuni lebih dari 300 rumah di area. Mereka mendapatkan pesan untuk segera meninggalkan rumah.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengumumkan situasi darurat itu pada Sabtu (3/4) waktu setempat.

Pejabat setempat berkata kolam seluas 31 hektar itu menampung jutaan galon air yang mengandung fosfor dan nitrogen dari sebuah pabrik fosfat lama.

Kolam tempat kebocoran itu ditemukan itu berada di tempat adanya phosphogypsum stack yang merupakan produk limbah radioaktif dari pemanufaktur pupuk.

Air itu juga mengandung ukuran kecil radium dan uranium yang muncul secara alami. Stacks tersebut juga bisa mengeluarkan gas radon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pemerintah

Administrator Matanee County, Scott Hopes, berkata ia khawatir air limbah itu bakal mengakibatkan banjir.

Masalahnya, daerah itu kebanyakan daerah agrikultur.

"Kita berbicara potensi 600 juta galon yang dalam wkatu beberapa detik dan menit kolam genangan dan mengalir di area sekitar," ujarnya.

Pemerintah berusaha memompa air itu dengan kecepatan ribuan galon per menit agar volume air menurun. Ada juga upaya mengarahkan jalur air untuk mengatur alirannya.

Dengan adanya pengumuman darurat ini, pendanaan bisa dikucurkan untuk mengirim lebih banyak pompa dan crane ke area itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.