Sukses

AS Cabut Sanksi Jaksa Mahkamah Pidana Internasional yang Dijatuhkan Donald Trump

AS mencabut sanksi yang diberikan mantan presiden Donald Trump pada jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Fatou Bensouda.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat mengatakan akan mencabut sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintahan mantan presiden Donald Trump kepada jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC), Fatou Bensouda.

Keputusan itu dilakukan karena pemerintahan Presiden Joe Biden mencari pendekatan yang lebih kooperatif dalam menyelesaikan masalah dengan sekutu Eropa.

"Kami yakin, bagaimanapun, bahwa kekhawatiran kami tentang kasus-kasus ini akan ditangani dengan lebih baik melalui keterlibatan dengan semua pemangku kepentingan dalam proses ICC daripada melalui pengenaan sanksi," kata Blinken dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Sabtu (3/4/2021).

Pada 2020, Mantan Menteri Luar negeri AS, Mike Pompeo menjatuhkan sanksi dan menolak visa untuk jaksa penuntut, Fatou Bensouda, setelah dia meluncurkan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang oleh personel militer AS di Afghanistan.

Pengadilan di Den Haag, Belanda kemudian membuka penyelidikan atas dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina oleh Israel, sekutu AS yang menolak otoritas pengadilan.

Pengganti Pompeo, Menlu Antony Blinken mengatakan bahwa AS "sangat tidak setuju" dengan langkah tersebut.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencabutan Sanksi dan Larangan Visa

Menlu Blinken mengatakan bahwa sanksi dan larangan visa terhadap Bensouda dan stafnya telah dicabut.

Pada Juni 2020, Jaksa kelahiran Gambia itu telah meninggalkan pekerjaannya dan akan digantikan oleh pengacara hak asasi manusia asal Inggris, Karim Khan, yang kini dapat melakukan pekerjaannya tanpa beban sanksi.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.