Sukses

Penyair Indonesia Dapat Anugerah Sastera Kemanusiaan dan Diplomasi ASEAN

Liputan6.com, Kota Kinabalu- Denny JA, penyair dan tokoh media sosial Indonesia dinobatkan sebagai penerima pertama Anugerah kategori Sastera Kemanusiaan dan Diplomasi ASEAN 2021. Anugerah tersebut ia terima dalam Malam Peresmian penyelenggaraan Festival Penulis Sabah (FPS) pada 12 Maret 2021.

Dilansir Kemlu.go.id, Senin (15/3/2021), Denny JA mendapatkan anugerah tersebut karena karya sastra berupa puisi esai dan cerpen esai bertemakan kemanusiaan dan diplomasi.

Denny JA, melalui video yang dikirimkan dari Indonesia menyampaikan ucapan terima kasihnya atas penganugerahan tersebut.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada insan-insan penulis bahwa karya sastra kontemporer harus kritis dan peka dengan kondisi global dan mudah dipahami.

"Puisi tidak pernah mati karena kita, insan-insan penulis akan terus menghidupkan puisi," tutur Denny JA.

Festival Penulis Sabah ini diselenggarakan Badan Bahasa dan Sastera Sabah (BAHASA) dan didukung Gabungan Persatuan Penulis Nasional (Gapena), JKKNNS dan Komunitas Puisi Esai Indonesia, pada 27 Februari sampai dengan 27 Juni mendatang.

Digelar secara terbatas, malam peresmian FPS dan penganugerahan ini pun tak lupa menerapkan SOP dan protokol kesehatan.

2 dari 4 halaman

Sambutan Acara

Presiden BAHASA, Datuk Jasni Matlani, dalam sambutannya menyatakan bahwa FPS adalah buah dari kerja keras pemerintah Negeri Sabah untuk memajukan bahasa, seni dan budaya serta karya tulis dan sastra "di negeri di bawah bayu", Sabah.

Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Dadang Hermawan, yang turut serta sebagai pengisi acara juga membawakan deklamasi puisi, dengan penuh penghayatan.

Puisi tersebut membawa hadirin merasakan ungkapan isi hati dan harapan anak-anak Indonesia di Sabah, agar terus bersekolah demi meraih cita-cita dan mengharumkan Merah-Putih di manapun mereka berada.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: