Sukses

Ulang Tahun Corona di Indonesia: Tingkat Kematian Nomor 1 Se-Asia Pasifik

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Waktu itu, eks-Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Terawan Agus Putranto berkata dirinya "konfiden" bahwa Corona tidak menakutkan. 

"Menkes konfiden, yang dihadapi itu corona, bukan sesuatu yang menakutkan. Justru yang menakutkan itu beritanya," kata Menkes Terawan di Istana Kepresidenan, Senin 2 Maret 2020. 

Setahun kemudian, Indonesia mencatat sejuta kasus COVID-19, ekonomi mengalami resesi, angka kemiskinan naik, dan Terawan dicopot dari jabatannya. Tingkat kematian Indonesia juga kini sudah nomor 1 di Asia Pasifik.

Berikut data COVID-19 di Indonesia dibanding negara-negara lain:

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 6 halaman

Pertama di Asia Tenggara dan Timur

Saat ini, Indonesia memiliki kasus tertinggi di antara negara-negara Asia Timur dan Tenggara. Kasus di Indonesia pun lebih tinggi dari China. 

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Selasa (2/3/2021), Indonesia memiliki 1,34 juta kasus COVID-19, sementara China hanya 100 ribu kasus. 

Negeri jiran Malaysia memiliki 302 ribu kasus. Korea Selatan dan Jepang masing-masing mencatat 90 ribu dan 433 ribu kasus. Semuanya berada di bawah Indonesia dalam peringkat kasus COVID-19.

3 dari 6 halaman

Tingkat Kematian Nomor 1 Se-Asia Pasifik

Di Asia Pasifik, Indonesia mencatat kasus tertinggi nomor 2 setelah India yang memiliki 11 juta kasus. 

Akan tetapi, tingkat kematian (mortality rate) di Indonesia mencapai nomor 1 se-Asia Pasifik. 

Berdasarkan data terbaru Statista, kematian di Indonesia akibat COVID-19 mencapai 134,23 orang per 1 juta populasi. Angka itu lebih tinggi dari India (115 orang), Filipina (113,97 orang), Sri Lanka (21,83 orang), dan China (3,46 orang). 

4 dari 6 halaman

Masuk 20 Besar Dunia

Berdasarkan jumlah kasus di level dunia, posisi Indonesia sudah tembus 20 besar. Terkini, Indonesia berada di posisi 18. 

Indonesia berada di antara Ukrania (1,4 juta kasus) dan Peru (1,3 juta kasus). Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara dan Asia Timur yang saat ini masuk 20 besar. 

5 dari 6 halaman

Infografis COVID-19:

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: