Sukses

Demonstran Gen Z Tolak Kudeta: Mantanku Buruk, Militer Myanmar Lebih Buruk Lagi

Demonstrasi menolak kudeta militer Myanmar masih berlanjut di penjuru negeri.

Liputan6.com, Yangon - Ketika orang-orang memenuhi jalanan dalam protes hari ketiga di Myanmar yang menolak kudeta militer, beberapa demonstran muda melambaikan tanda-tanda berisi pesan tak biasa.

Berbeda dengan gerakan oposisi sebelumnya, generasi ini tumbuh di negara yang lebih bebas, dengan akses yang lebih baik ke internet dan pengetahuan tentang budaya Barat serta meme yang menyertainya.

Ini adalah humor nakal Gen Z (biasanya berusia di bawah 24) yang telah ditambahkan ke pesan pro-demokrasi mereka untuk para pemimpin militer yang merebut kekuasaan pada pekan lalu.

Militer mengklaim tanpa bukti, bahwa pemilu November yang memenangkan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi ke tampuk kekuasaan adalah penipuan.

"Mantan saya buruk tetapi militer Myanmar lebih buruk lagi"

Generasi Z dan budaya yang berhubungan dengan milenial menunjukkan tanda-tandanya dengan kuat.

Satu papan bertuliskan; "Mantan saya buruk tetapi militer Myanmar lebih buruk lagi"

Sementara yang lain dengan rendah hati menuliskan;

"Saya tidak ingin kediktatoran, saya hanya ingin pacar"

Protes tersebut adalah yang terbesar sejak Revolusi Saffron pada 2007 dan menyaksikan puluhan ribu orang berdemonstrasi di kota-kota di seluruh negeri.

Pada Senin 8 Februari, polisi memperingatkan pengunjuk rasa untuk meninggalkan jalan-jalan atau menghadapi kekerasan.

Pengunjuk rasa lain lebih eksplisit dalam penolakan mereka terhadap kudeta, melambaikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa militer telah melakukan perkelahian dengan orang yang salah.

"Anda dengan generasi yang salah," bunyi salah satu plakat.

"Kami tidak akan pernah diizinkan untuk merusak masa depan kami sendiri," tambah pesan dari demonstran Myanmarlainnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Myanmar Gunakan Water Cannon Saat Bubarkan Demonstran Anti-Kudeta

Demonstrasi pro-demokrasi yang menolak kudeta militer Myanmar masih berlangsung di Ibu Kota  Naypyitaw. Polisi pun membubarkan pengunjuk rasa anti-kudeta itu dengan menyemprotkan water cannon pada Senin (8/2/2021).

Dikutip dari laman Straits Times, seorang fotografer AFP di tempat kejadian mengatakan, demonstrasi di Myanmar telah berlanjut untuk hari ketiga. Aksi mereka turun ke jalan untuk menentang kudeta dan penahanan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi oleh militer pada pekan lalu.

Fotografer AFP melihat dua orang terluka, dan rekaman media sosial dari insiden tersebut menunjukkan dua pria pingsan setelah disemprot dengan air yang dicurigai mengandung bahan kimia. Polisi tampak berhenti menggunakan meriam air setelah pengunjuk rasa mengajukan banding kepada mereka, tetapi aksi demonstrasi terus berlanjut.

Ribuan pengunjuk rasa anti-kudeta berbaris di kota-kota di seluruh Myanmar pada Senin, kata saksi mata.

Seruan untuk bergabung dalam protes dan mendukung kampanye pembangkangan sipil semakin keras dan terorganisir sejak kudeta Senin lalu, yang menuai kecaman internasional.

Di kota terbesar Yangon, sekelompok biksu berbaris di barisan dengan para pekerja dan mahasiswa. Lebih dari 1.000 orang berkumpul di sebuah taman pada tengah pagi. Mereka mengibarkan bendera Buddha multi-warna di samping spanduk merah dengan warna Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Suu Kyi, kata saksi mata.

"Bebaskan Pemimpin Kami, Hormati Suara Kami, Tolak Kudeta Militer," demikian yang dituliskan oleh demonstran Myanmar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.